Beranda Nasional KPU sebut masalah dugaan manipulasi data di TPS Tamalate Makassar sudah selesai

KPU sebut masalah dugaan manipulasi data di TPS Tamalate Makassar sudah selesai

4
0

Banjarmasinnews.com – Komisi Pemilihan Pusat (KPU) menyebut dugaan manipulasi hasil rekapitulasi suara Walikota Seleksi Makassar berakhir. Masalahnya terpecahkan setelah petugas pemungutan suara lokal telah menjelaskan masalah

"Masalah Makassar jelas bahwa TPS, di mana dilaporkan bahwa ada perbedaan antara laporan Situng (informasi penghitungan suara) yang ada telah dikonfirmasi kemarin, "kata KPU, Komisaris Ilham Saputra di kantornya, Jakarta Minggu (1/7).

Diduga manipulasi hasil rekapitulasi suara sebelumnya terjadi di Desa TPS 06 Bontoduri, Kecamatan Tamalate, Makassar. Semua petugas TPS di Tamalate telah menunjukkan rekapitulasi suara yang diduga bermasalah.

"Jadi ini memang kesalahan, apakah itu kesalahan atau niat dari PPK di Tamalate," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa petugas PPK sedang dikonfirmasi. Apakah ini disengaja atau tidak?

"Jadi prinsipnya, klarifikasi sudah selesai," tutupnya.

Sebelumnya ada perbedaan dalam beberapa data C1 yang diunggah ke portal KPU. Salah satunya di TPS 06 Kelurahan Bontoduri, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Data di portal menunjukkan pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi menang dengan 238 suara. Sedangkan kotak kosong hanya satu suara. Namun, berdasarkan formulir C1, Munafri hanya mengumpulkan 94 suara. Sedangkan kotak kosong lebih unggul dengan 138 suara.

Perbedaan juga ditampilkan pada pemindaian suara di TPS 29 Pa & amp; 39; baeng-baeng Village, Tamalate. Susuai data di portal, Munafri-Rachmatika mengumpulkan 174 suara dan nol kotak kosong. Sesuai Formulir C1, calon tunggal mendapat 81 suara. Dia kalah dalam kotak kosong dengan 92 suara.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [gil]