KOMPAS.com – Pebalap Formula 1 dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, mendukung pembatalan GP Australia yang merupakan seri pembuka F1 musim 2020.

Melalui keterangan tertulis, pihak Formula 1, Federasi Otomotif Internasional (FIA), dan Australian Grand Prix Corporation pada Jumat (13/3/2020) menyatakan bahwa GP Australia dibatalkan.

Keputusan pembatalan itu diambil setelah tim McLaren menyatakan mundur seusai salah satu anggota tim mereka dinyatakan terjangkit virus corona.

“Melanjuti keputusan McLaren untuk menarik diri dari Formula 1 Grand Prix Australia karena pebalapnya dinyatakan positif Covid-19, pihak Formula 1 dan FIA langsung mengadakan pertemuan dengan sembilan prinsipal beserta tim lainnya,” tulis pernyataan itu di laman resmi Formula 1, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Resmi, Formula 1 GP Australia Dibatalkan

“Diskusi diakhiri dengan suara mayoritas yang menyatakan perlombaan tidak boleh dilanjutkan. Dengan dukungan penuh dari Australian Grand Prix Corporation (AGCP) maka kegiatan Formula 1 untuk GP Australia dibatalkan.”

Keputusan pihak penyelenggara untuk membatalkan balapan GP Australia mendapat tanggapan dari Lewis Hamilton.

Menurut Hamilton, pihak penyelenggara telah mengambil keputusan tepat dengan membatalkan balapan yang rencananya bakal di gelar di Sirkuit Albert Park, Melbourne, 13-15 Maret 2020.

“Sayangnya, ini adalah keputusan yang tepat,” tulis Hamilton melalui akun Twitter pribadinya.

“Tidak ada yang menginginkan ini terjadi (F1 GP Australia dibatalkan). Namun, kita harus realistis dan menemapatkan kesehatan di urutan pertama.”

Baca juga: F1 2020 Terancam Ditunda hingga Mei akibat Virus Corona

“Kenyataannya adalah, (kasus) ini sangat serius karena ada orang yang meninggal setiap hari. Banyak orang yang merasa sakit padahal sebelumnya mereka tidak sakit. Banyak orang yang terkena dampak, baik secara finansial maupun emosional.”

Sumber

Komentar Anda