Beranda Nasional Menhub: Santunan korban KM Maju Lestari dibayar dalam dua hari

Menhub: Santunan korban KM Maju Lestari dibayar dalam dua hari

7
0

Banjarmasinnews.com – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjamin santunan untuk seluruh korban kecelakaan KMP Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) segera pagi. Pembayaran akan dilakukan dalam satu atau 2 hari ini.

"Kami memodifikasi santunan dapat menyalin langsung dalam satu dua hari ini," kata Budi Karya di Medan, Kamis (5/7).

Dalam kecelakaan KM Maju Lestari, 36 orang meninggal dunia dan 155 lainnya terselamatkan. Mengenai proses hukum, kata Budi, polisi akan menetapkan pihak-pihak yang harus bertanggung jawab dalam peristiwa itu.

Budi mengaku belum mendapat informasi mengenai penyebab kandasnya KM Maju Lestari. "Saya belum dapat informasinya, saya akan mendapatkan besok dari KNKT," ucapnya.

Kemenhub juga akan menuntut pembayaran yang sangat tinggi. "Kami tugaskan KNKT tinggal di sana," sebut Budi.

Di Selayar juga akan digelar pendidikan kesyahbandaran dan sangat pelayaran. “Format Danau Toba akan kita lakukan juga di Selayar, di mana kita akan melakukan pendidikan untuk ratusan orang kelola syahbandar,” tegas Budi.

KMP Lestari Maju kandas sekitar 300 meter dari pantai Pabadilang, Kecamatan Bontomatene Kabupaten, Selayar, Sulawesi Selatan. Kapal bermanifest 139 penumpang dan 20 orang terjaga serta mengangkut beberapa kendaraan yang macet dengan posisi separuh bagiannya tenggelam. [bal]