Beranda Nasional Naikkan suku bunga acuan, BI yakin mampu hentikan pelemahan Rupiah

Naikkan suku bunga acuan, BI yakin mampu hentikan pelemahan Rupiah

6
0

Banjarmasinnews.com – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS tampaknya belum bergerak dari Rp 14.000 per USD. Pergerakan mata uang tercatat menyentuh Rp 14.400 per USD hari ini, Jumat (29/6). Nilai tukar ini melemah sebesar 3,44 persen (ptp) dibandingkan dengan tingkat akhir pada Mei 2018.

Sementara dibandingkan dengan akhir Desember 2017, rupiah melemah sebesar 5,72 persen (ytd), lebih rendah dari melemahnya pertumbuhan lainnya. mata uang seperti Filipina, India, Afrika Selatan, Brasil dan Turki.

Pertemuan Gubernur Bank Indonesia (BI) telah memutuskan untuk menaikkan BI 7-hari Reverse Repo Rate sebesar 50 basis poin menjadi 5,25 persen. Kenaikan ini diperkirakan akan menghentikan pelemahan nilai tukar rupiah.

"Bank Indonesia percaya bahwa kebijakan akan memperkuat stabilitas ekonomi, terutama stabilitas Rupiah," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Kantor Bank Indonesia Jakarta ]. Keputusan untuk menaikkan suku bunga juga merupakan langkah lebih lanjut bagi Bank Indonesia untuk melakukan pre-emptive, front-loading dan menjelang kurva untuk menjaga daya saing pasar keuangan domestik terhadap perubahan kebijakan moneter beberapa negara dan ketidakpastian pasar keuangan global. masih tinggi.

"Kebijakan ini tetap didukung oleh kebijakan intervensi ganda di pasar valuta asing dan di pasar Surat Berharga Pemerintah serta strategi operasi moneter untuk menjaga kecukupan likuiditas, terutama di pasar swap Rupiah dan antarbank," Perry.

Ke depan, Bank Indonesia terus mewaspadai risiko ketidakpastian pasar dengan tetap mempertahankan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai dengan nilai fundamentalnya, serta memelihara cara kerja mekanisme pasar dan didukung oleh upaya pengembangan pasar keuangan.

[bim]