Beranda Nasional Online single submission resmi diluncurkan Menko Darmin

Online single submission resmi diluncurkan Menko Darmin

7
0

Banjarmasinnews.com – Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution secara resmi meluncurkan sistem pengajuan online berlisensi elektronik (OSS). Peluncuran dilakukan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Senin (9/11).

Menteri Koordinator Darmin mengatakan ada 3 blok besar yang dilengkapi dengan peluncuran OSS. Pertama, membangun lembaga untuk memantau dan mengawasi permintaan investasi

"Tanpa itu sebaik sistem apa pun tidak dapat berfungsi, maka dibentuklah gugus tugas dari kementerian lembaga dan pemerintah daerah yang tugasnya adalah untuk memantau dan mengevaluasi di mana izin berasal dari investor karena izinnya tidak hanya di regulator tetapi sampai ke daerah, "kata Menteri Koordinator Darmin.

Kedua, membangun teknologi informasi terintegrasi. Yang ketiga menciptakan reformasi perizinan itu sendiri. "Kami telah mencoba untuk mereformasi aspek regulasi, yang berarti bahwa beberapa dari mereka tidak sesederhana yang kami harapkan, jadi kami sepakat dengan ini," jelas Koordinator Darmin .

Keuntungan dari OSS ini adalah bahwa pemerintah telah merumuskan tunjangan pajak fiskal yang baik, tax holiday dan pajak super deduksi. "Ini belum semuanya selesai, presiden baru meresmikan PPh terakhir 0,5 persen untuk UMKM, tetapi semua ini meski belum akan masuk ke dalam sistem," jelasnya.

"Sehingga investor tidak hanya mendapatkan izin, tetapi juga fasilitas lain baik atau tidak. Jika bisa berapa tahun, surat itu mungkin akan datang dari Kementerian Keuangan tetapi tidak ada lagi proses birokrasi yang panjang," katanya. lanjut.

Peluncuran OSS ini dihadiri oleh beberapa menteri termasuk Ketua BKPM Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perjalanan Arief Yahya, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri Pan-RB Asman Abnur, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Gubernur Bank Indonesia dan Ketua OJK, Komisaris Wimboh Santoso.

[bim]