Beranda Nasional Rupiah kembali terkapar ke level Rp 14.441 per USD

Rupiah kembali terkapar ke level Rp 14.441 per USD

8
0

Banjarmasinnews.com – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak lebih rendah dalam perdagangan hari ini, Kamis (12/7). Pagi ini, Rupiah dibuka pada Rp14.415 per USD atau melemah dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin di Rp14.385 per USD.

Mengutip data Bloomberg, rupiah masih terus memperlemah pembukaan. Tercatat, kurs saat ini menyentuh level Rp 14.441 per USD.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan bank sentral selalu menjaga stabilitas rupiah melalui berbagai instrumen kebijakan. Serangkaian kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia, termasuk koordinasi yang erat dengan pemerintah.

Kebijakan BI Rate 7-hari Reverse Repo Rate naik 50 bps menjadi 5,25 persen diputuskan oleh Bank Indonesia pada 28-29 Juni 2018 menerima persepsi investor positif dan mendorong aliran masuk modal asing ke Indonesia. "Langkah ini juga disambut baik oleh pelaku pasar, yang berkontribusi terhadap stabilitas rupiah," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta Rabu (11/7).

Koordinasi Bank Indonesia dengan pemerintah dan otoritas terkait akan terus diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta memperkuat pelaksanaan reformasi struktural. "Koordinasi dekat diharapkan untuk meningkatkan ekspor, mengurangi impor, mendorong pariwisata dan arus masuk modal asing," katanya.

Gubernur Bank Indonesia juga menyatakan bahwa Bank Indonesia akan terus berada di pasar untuk melanjutkan upaya menstabilkan nilai tukar Rupiah sesuai dengan kondisi fundamentalnya yang masih mendorong kerja mekanisme pasar. Kebijakan ini didukung oleh pelaksanaan operasi moneter yang bertujuan menjaga kecukupan likuiditas baik di pasar valas dan uang.

Selain itu, relaksasi kebijakan LTV bisnis dan perbankan yang disukai diharapkan akan mendorong pertumbuhan kredit atau pembiayaan di sektor properti, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara umum. (F, b, e, v, n, t, s) if (f.fbq) kembali; n = f.fbq = function () n.callMethod?
n.callMethod.apply (n, argumen): n.queue.push (argumen); if (! f._fbq) f._fbq = n;
n.push = n; n.loaded =! 0; n.version = & # 39; 2.0 & # 39 ;; n.queue = []; t = b.createElement (e); t.async =! 0;
t.src = v; s = b.getElementsByTagName (e) [0]; s.parentNode.insertBefore (t, s) (window,
dokumen, & # 39; skrip & # 39 ;, & # 39; https: //connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
fbq (& # 39; init & # 39 ;, & # 39; 833492313416407 & # 39;);
fbq (& # 39; track & # 39 ;, & # 39; PageView & # 39;);