Senam Poco-Poco Pecahkan Rekor Dunia

6

Selain itu juga nampak beberapa pejabat dari instansi Polri dan TNI serta sejumlah menteri.

Acara pemecahan rekor dunia denan tari poco-poco ini selain bertujuan dalam rangka menyambut perhelatan akbar olahraga se-Asia, Asian Games 2018, juga bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia agar mengetahui bahwa poco-poco berasal dari Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/8/2018) Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan “Poco-poco adalah budaya asli tari asli Indonesia, jadi kita sekarang melaksanakan poco-poco massa 65.000 memecahkan rekor dunia artinya menunjukkan dan memantapkan poco-poco milik Indonesia.

Penegasan kekayaan budaya bangsa ini karena sebelumnya dikabarkan, pada September nanti Malaysia akan mengadakan pemecahan rekor dunia tari poco-poco.

Mendengar informasi tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo berinisiatif untuk menyelenggarakan senam massal poco-poco dan didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) sebelum bulan September.

“Karena Malaysia kan akan memecahkan poco-poco Malaysia pada September tuh, jadi bapak Jokowi dan Ibu Iriana menugaskan Bapak Menpora untuk bisa bagaimana caranya agar poco-poco ini mendunia, memberi tahu dunia bahwa poco-poco itu milik Indonesia,” kata Wiki, Koordinator Instruktur Panitia Pemecahan Rekor dunia tari Poco-poco.