Beranda Nasional SMF siap jalankan skema baru penyaluran FLPP pemerintah

SMF siap jalankan skema baru penyaluran FLPP pemerintah

5
0

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menyambut positif dan menyatakan kesiapannya untuk menjalani skema baru Fasilitas Pembiayaan Likuiditas Perumahan (FLPP) atau hipotek bersubsidi. Jika dalam skema saat ini porsi pemerintah dalam pembiayaan hipotek adalah 90 persen sedangkan SMF adalah 10 persen, maka dalam skema baru, pembiayaan KPR FLPP adalah 75 persen dari pemerintah dan 25 persen dari PT Sarana Multi Financial (SMF).

FLPP dengan struktur baru SMF sudah siap. Tetap tergantung (Kementerian) PU-Pera kapan akan diluncurkan, "kata Direktur Utama, Ananta Wiyogo, di Kantor SMF, Jakarta Senin (13/7) ).

Terkait dengan sumber dana, kata Ananta, perusahaan masih mengandalkan dua sumber, yaitu pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dari pasar modal.

Direktur SMF Heliantopo menegaskan bahwa perubahan Skema tidak akan mempengaruhi tingkat bunga yang dibebankan kepada publik. "Suku bunga yang diberikan kepada masyarakat tidak berubah seperti sebelumnya, 5 persen," katanya.

Dia melanjutkan, saat ini, SMF sedang menunggu, ketika pemerintah rilis skema baru untuk implementasi selanjutnya. "Jadi sekarang komposisi FLPP adalah 90 persen Pemerintah, 10 persen SMF SMF ditugaskan, maka akan keluar (skema baru) komposisi akan diturunkan, maka akan segera diterbitkan SMF akan memberikan pendanaan sebesar 25 persen, "katanya

[bim]