PADANG, KOMPAS.com-Seorang warga berinisial DP (41) yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 diduga berasal dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah ( JAD) Pekanbaru.

Namun apa peran DP yang diamankan di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Rabu (11/3/2020) masih diselidiki.

“JAD Pekanbaru. Profesinya wiraswasta, tapi tidak ada data rinci wiraswastanya. Barang bukti yang disita juga tidak dijelaskan,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi Kompas.com, Kamis (12/3/2020).

Stefanus mengatakan setelah ditangkap terduga teroris itu dibawa ke Pekanbaru, Riau.

Sebelumnya diberitakan, tim Densus 88 mengamankan satu warga berinisial DP (41) di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Satu Terduga Teroris di Payakumbuh

Penangkapan warga kelahiran Pekanbaru itu dilakukan pada Rabu (11/3/2020) pukul 14.30 WIB.

“Benar ada satu warga yang diamankan Densus 88 di Payakumbuh tadi,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi Kompas.com, Rabu.

Stefanus mengatakan warga itu tercatat beralamat di Kelurahan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Saat ditangkap tim Densus 88 yang bersenjata lengkap, DP tidak melakukan perlawanan.

“Saat ini, terduga teroris itu dibawa ke Pekanbaru,” jelas Stefanus.

Sebelumnya, Densus 88 juga menangkap seorang terduga teroris berinisial N (39) di Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Kamis (18/7/2019) malam.

Kemudian pada Jumat (20/12/2019), Densus 88 juga mengamankan dua orang terduga teroris di Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

“Benar ada dua orang terduga teroris yang diamankan Densus 88 di Tanah Datar yaitu HM dan DG,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi Kompas.com, Minggu (22/12/2019).

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Gunungkidul, Amankan Senapan, Pedang hingga Buku

Sumber

Komentar Anda