Beranda Nasional Tim sepak bola remaja Thailand yang terjebak di dalam gua diajari menyelam

Tim sepak bola remaja Thailand yang terjebak di dalam gua diajari menyelam

6
0

Banjarmasinnews.com – Regu penyelamat yang berhasil menemukan tim sepak bola remaja Thailand dalam kondisi selamat setelah tertabrak 11 hari di gua Tham Luang hari ini tengah memberi Pelajaran berenang dan menyelam buat mengevakuasi mereka dari dalam gua.

Laman Channel News Asia melaporkan, Rabu (4/7), bagian penyelam, perawat, dan pendamping serta personel Angkatan Laut Thailand sedang berada bersama 12 buah laki-laki dan pelatihnya di dalam gua. Mereka memberi obat dan makan untuk para mereka untuk mencari mereka. Operasi terbilang tidak mudah untuk pemerintah Thailand.

"Arus sangat kuat dan sempitnya sempit. Untuk mengeluarkan mereka butuh banyak orang," ujar Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan kepada wartawan.

"Sekarang kami mengajari mereka berenang dan menyelam," kata dia seraya menambahkan, jika ketinggian udara sudah menyusut dan arus melemah maka mereka akan mengeluarkan sesegera mungkin.

Kondisi tim sepak bola Thailand yang cacat dalam gua 2018 Handout via Reuters

Hingga Selasa malam sebanyak 120 juta liter air sudah dipompa keluar gua atau sekitar 1,6 juta liter per jam.

Masih belum bisa melihat mereka akan Keluar dari dalam gua dengan kondisi udara dan Cuaca yang tidak menentu.

Tim ahli mengatakan penyelam butuh waktu tiga jam untuk mencapai lokasi mereka di kedalaman sekitar 4 kilometer dari mulut gua.

Dalam sebuah video diunggah pasukan khusus Angkatan Laut Thailand SEAL , dibuat detik-detik penemuan ke-13 orang oleh dua penyelam asal Inggris, Rick Stanton dan John Volanthen. Mereka sedang duduk di atas langkan di gua dengan bermodal pencahayaan obor.

"berapa orang di dalam?" tanya si penyelamat.

"Tiga belas," jawab korban secara bersamaan.

"Tiga belas? Ini bagus sekali," jawab penyelamat. "Belum hari ini. Hanya ada dua orang di antara kami. Kami harus menyelam. Tunggu kami datang, oke? Akan ada yang tersisa saat ini." Makan, makan, makan, beri mereka kami semua kelaparan, "kata salah seorang bocah.

" Sebentar lagi. Kalian adalah orang-orang kuat, "tegas si penyelamat. [pan]