Beranda Nasional TNI gandeng preman buka lahan sawah di Banjarmasin

TNI gandeng preman buka lahan sawah di Banjarmasin

8
0

Banjarmasinnews.com – Ratusan pemuda Banjarmasin, Kalimantan Selatan turun ke rawa untuk membuka lahan tanam. Tepatnya di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Ratusan pemuda ini berasal dari berbagai latar belakang. Jelas, sebagian besar pemuda adalah mantan preman atau pernah tidur di hotel penjara.

Danrem 101 / Kolonel Infanteri Antasari Yudianto Putrajaya mengatakan ada 300 pemuda yang direkrut. Pemuda itu sebelumnya dilatih dan dibina. Mereka bergabung sebagai anggota Bela Existence of the Fatherland (BETA) Banua 1 tahun 2018.

"Anggota BETA ini kami sengaja direkrut dari para preman atau yang sejauh ini anak buah geng motor kami undang dan kami menaikkan semangat mereka. Keluar dari penjara dan mereka memiliki niat baik saya pikir kami butuh respon yang baik, "kata Kolonel Infanteri Yudianto Putrajaya saat ditemui Liputan6.com di lokasi, Kamis (12/7).

Yudianto melanjutkan, pihaknya sengaja mengundang mereka untuk membuka sawah di Desa Jejangkit Muara. Jadi kami berharap bahwa pemuda dapat tampil percaya diri di depan masyarakat.

"Apa yang kita bangun adalah juga mentalitas pemuda ini, kebanyakan dari mereka muda sehingga mereka dapat percaya dalam melakukan, bukan paksaan tetapi kesadaran mengubah diri mereka sendiri, sehingga kualitas yang dicari bukanlah kuantitas."
katanya.

Putra menambahkan bahwa pihaknya sengaja membawa anggota BETA terkait pembukaan lahan seluas 4.000 hektar yang ditanam oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Lokasi pilot penanaman akan diujicoba sebagai model pertanian terpadu dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan diadakan di desa Jejangkit pada bulan Oktober 2018.

Berdasarkan laporan tentang pekerjaan pada hari Sabtu (7/7), Danrem, telah disadari lahan siap untuk penanaman seluas 115,55 hektar, meninggalkan 124,45 hektar untuk area Kodim.

Bahkan su ada beberapa Kodim yang telah menyelesaikan pekerjaan mereka. Di antaranya adalah Kodim 1002 / Barabai di area E seluas 24,5 hektar, Kodim 1009 / Pelaihari di daerah D seluas 22,7 hektar, dan Kodim 1022 / Tanah Bumbu di area B seluas 7,65 hektar

"Saya menghargai kerja cepat Kodim dan maksimum, waktu yang terbatas harus dimanfaatkan sepenuhnya, "sang putra menekankan.

Reporter: Moch Harunsyah

Sumber: Liputan6.com [gil]