Penanaman Jagung Hibrida dan Kelapa Genjah Entok Program PPM PT Arutmin Indonesia Tambang Satui

3 bulan lalu 30

BANJARMASINPOST.CO.ID - PT Arutmin Indonesia Tambang Satui bersama Kelompok Tani Satui Mandiri dan Sejahtera (SAMARA) melaksanakan kegiatan simbolis penanaman jagung hibrida dan kelapa genjah entok di lahan pertanian KM 22.5 Pabilahan, Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui, Tanahbumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Ir. Bambang Joko Priotmojo, MP., dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanahbumbu, Fauraji Akbar, SP., aparat Desa Sejahtera Mulia dan para penyuluh dari BPP Kecamatan Satui.

Kegiatan ini dibuka oleh Cipto Prayitno, selaku Kepala Teknik (KTT) Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Satui.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Arutmin Tambang Satui, bertujuan menjadi percontohan bagi kelompok tani untuk budidaya tanaman jagung dan kelapa dalam jumlah yang lebih luas.

"Kombinasi tanaman semusim dan tanaman tahunan ini diharapkan menjadi program unggulan PPM Tambang Satui, yang dilanjutkan dengan pengolahan pasca panennya secara terintegrasi," harapnya.

Program PPM Arutmin Tambang Satui tidak hanya bidang pertanian, saat ini sedang mengembangkan bidang peternakan seperti sapi perah dan ayam petelur yang berlokasi di lokasi percobaan (demplot) Arutmin lainnya.

KTT berharap program pengembangan sapi perah ini juga menjadi program unggulan PPM Arutmin, dengan pengembangan sapi perah di dataran rendah.

Lebih lanjut Cipto Prayitno menginginkan adanya pabrik skala kecil untuk pembuatan pakan, sehingga kebutuhan pakan ternak bisa dipenuhi sendiri, sehingga tercipta suatu kegiatan yang terintegrasi dari hulu hingga ke hilir.
Sebagai penutup, KTT meminta doa dan dukungan dari semua pihak agar program PPM ini dapat bermanfaat bagi warga sekitar serta masyarakat Satui pada umumnya.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Dr. Ir. Bambang Joko Priotmojo, dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan dari kerja sama yang merupakan tahun kedua antara PT Arutmin Indonesia Tambang Satui dengan Fakultas Pertanian ULM Banjarmasin.

Lanjut Baca