Pengamat: Kritik PSI Bikin Kinerja Anies Viral

4 bulan lalu 38

Pengamat politik Adi Prayitno menilai kritik PSI membuat kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi viral.Pengamat politik Adi Prayitno menilai kritik PSI membuat kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi viral. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai kritik keras yang dilontarkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuat kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi viral.

"Anies sebenarnya mesti berterima kasih ke Giring PSI, setiap saat kinerjanya diviralkan," kata Adi dalam diskusi Anies-Giring Berbalas Sindirian di Ibu Kota yang digelar Total Politik di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (23/1).

Adi menyebut salah satu tindakan PSI yang membuat kinerja Anies viral adalah saat ketua umum partai berlambang mawar itu, Giring Ganesha, mengunjungi lokasi ajang Formula E dan menjumpai kambing warga setempat.

Menurut Adi, tidak ada yang membayangkan Giring mendatangi langsung lokasi tersebut. Selain itu, tindakan Giring secara tidak langsung justru membuat Formula E menjadi viral.

"Coba bayangkan siapa yang pernah membayangkan Ketua Umum PSI datang ke arena Formula E, ada kambing, enggak ada yang bayangin itu," kata Adi.

Padahal, kata Adi, selama ini publik kesulitan melihat kinerja pemimpin daerah. Hal ini tidak hanya terjadi pada Anies, melainkan sejumlah kepala daerah lainnya.

Menurut Adi, publik selama ini memilih sosok pemimpin karena persoalan suka atau tidak suka, bukan pada kinerjanya. Sementara, persentase masyarakat yang memilih pemimpin karena kinerjanya cukup rendah.

Di luar faktor kinerja, beberapa hal yang membuat publik memilih calon pemimpin terkait hal-hal sosiologis seperti, murah senyum, tidak galak, dan bajunya tidak berganti-ganti.

Lanjut Baca