Permukaan Sungai Barito Terus Naik, Khawatir Banjarmasin Terancam Tenggelam 10 Tahun ke Depan

4 minggu lalu 22

ANGGOTA Komisi III DPRD Banjarmasin dari Fraksi PKS, Hendra khawatir ancaman banjir benar-benar tak bisa lepas dari kota seribu sungai. Hal ini jika tak segera diantisipasi segera oleh para pemangku kepentingan di Banjarmasin.

ACUAN Hendra adalah data fluktuatif kondisi Sungai Barito yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, karena dampaknya akan dirasakan Banjarmasin sebagai muara dari sungai yang berhulu di Provinsi Kalimantan Tengah itu.

Menurut Hendra, dari data air permukaan Sungai Barito jelas mengalami kenaikan sejak akhir April hingga memasuki Mei hingga Juni yang rata-rata di atas 2 meter.

“Genangan air yang terjadi pada pekan terakhir April ini harusnya sudah menjadi peringatan bagi Banjarmasin. Padahal, dalam kondisi suhu yang panas atau kemarau basah, justru permukaan air naik hingga memasuki kawasan pemukiman dan perkotaan,” ucap Hendra kepada jejakrekam.com, Selasa (26/4/2022).

BACA : Banjarmasin Terancam Tenggelam, Pakar Hukum ULM Nilai Perda Sungai Tumpang Tindih Dan Jadi Macan Kertas

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Banjarmasin ini pun memantau kondisi permukaan air di Sungai Barito dan Sungai Martapura dengan anak-anak sungai yang membelah kota.

“Ini murni naiknya permukaan air sungai dan permukaan air laut. Begitu saya cek dari data yang ada, memang rata-rata kenaikan permukaan air Sungai Barito sudah di atas 2 meter,” kata akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

BACA JUGA : Proyek Jembatan A Yani Segera Digarap, Pakar Kota Sebut Sungai Banjarmasin Sedang Sakit

BACA JUGA : Berbiaya Rp 1 Triliun, BWS Kalimantan III Golkan Proyek Tangkal Banjir Banjarmasin, Ini Daftarnya!

Hendra khawatir berdasar analisis data pada Mei, Juni dan Juli 2022, maka air laut dan air pasang dalam akan mengalami kenaikan di atas 2,5 meter, sehingga akan menyerbu kawasan pemukiman penduduk. Tak hanya kawasan bantaran sungai, namun juga merambah wilayah pusat perkotaan Banjarmasin.

Lanjut Baca