Perpustakaan Palnam Makin Memberikan Kenyamanan

3 bulan lalu 45

Banjarmasin, BARITO – Keberadaan Perpustakaan kilomerer 6 Banjarmasin (Palnam) kini dirancang untuk semakin memberikan kenyamanan bagi pengunjung.  Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan ini mendesain bangunan tidak saja dengan koleksi buku yang terbilang lengkap, juga dirancang dengan tata ruang yang nyaman dan menarik.

Bahkan khusus anak-anak, selain terdapat kids library, disediakan fasilitas-fasilitas yang menyenangkan bagi anak, sehingga membuat mereka betah berada di sana, seperti perosotan, ayunan, naik tangga, dan sebagainya.

Hal ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah setempat, menarik minat baca masyarakat, terlebih usia anak yang yang dinilai perlu dipicu sejak dini.

Tidak hanya itu, di luar ruangan, tersedia taman edukasi dan seluruh bagian tembok diberi warna-warni dan mural bertema pendidikan yang dapat dipandang sambil bersantai di sejumlah gazebo yang tersedia, serta area fitness terbuka bagi orang dewasa.

Kepala Bagian Komunikasi Biro  Administrasi Pimpinan, Setdaprov Kalsel, Widi Gunawan menyebut, tidak perlu jauh-jauh untuk melatih anak agar rajin membaca.  Ia merekomendasikan   para orangtua, cukup memanfaatkan fasiltas yang disediakan Perpustakaan Palnam Banjarmasin.

“Perpustakaan Kalsel kehadirannya selain sebagai referensi buku-buku, juga  sarana edukasi edukasi bagi anak untuk membiasakan gemar membaca sambil bermain,” ujarnya di Banjarmasin, Ahad (23/01/2022) yang sengaja membawa keluarga ke tempat itu.

Menurut Widi, mengajarkan membaca pada anak usia dini memang jadi tantangan yang harus dihadapi orang tua, khususnya pada saat jenjang PAUD/TK. Karena harus mampu membuat suasana yang menyenangkan bagi anak dan tidak membosankan.

Dengan suasana yang menyenangkan,  kegiatan membaca dapat meningkatkan kepekaan dan memotivasi mereka untuk terus belajar.

Dikatakan, upaya dan inovasi untuk menarik minat pengunjung agar dating ke tempat ini tidak sia-sia. Terbukti pengunjung perpustakaan Palnam terus meningkat hari ke hari. Bahkan saat dilakukan pembatasan pengunjung pada tahun lalu,  karena pandemi Covid 19, tetap didatangi masyarakat, meski harus bergiliran lantaran harus mematuhi protokol kesehatan.

Lanjut Baca