Pelatihan Deteksi Dini di aula Kelurahan Teluk Tiram (foto:fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel.com– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin melakukan pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan jelang pilkada.

Pelatihan yang berlokasi di Kelurahan Teluk Tiram tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Banjarmasin, H Kasman, Senin (9/3/2020)

Disana ia menyampaikan bahwa, menjelang Pilkada 2020 ini nantinya pasti akan banyak yang berdatangan, baik calon itu sendiri yang akan maju di Pilkada, ataupun tim dari calon itu.

“Untuk itu dengan kegiatan seperti inilah kita harapkan mampu memfilter segala macam tindakan yang nantinya akan berbau pelanggaran, yang akan merugikan diri kita sendiri,” ujarnya.

Kegiatan Pelatihan ini diisi pemateri dari Kodim 1007 Banjarmasin, Kejaksaan Negeri Banjarmasin, dan Polres Banjarmasin.

Dari Pihak Kodim 1007 Banjarmasin menyampaikan, sejumlah materi dengan titik pokok pencegahan dini guna menyambut Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pada September mendatang.

Titik fokus yang disampaikan oleh pihak Kodim 1007 tersebut yakni adalah tentang kapadatan penduduk kota Banjarmasin yang mana hal tersebut mengacu kepada data sensus penduduk tahun 2019.

Kepadatan penduduk Banjarmasin yang semakin padat setiap tahunnya, akan menimbulkan beberapa faktor nantinya seperti, faktor kesenjangan ekonomi, pendidikan dan lahan pekerjaan yang semakin menipis. Karena hal tersebutlah diperlukannya diteksi dini.

Komandan Kodim 1007, Kolonel Infanteri, Anggara Sitompul mengatakan bahwa berbagai faktor kesenjangan itu mengandung potensi kerawanan, yang sewaktu-waktu bisa meledak, apalagi ditahun 2019-2020 ini merupakan tahun politik.

Semua kekuatan politik termasuk kekuatan laten dimasyarakat langsung maupun tidak langsung akan berusaha memanfaatkan dan mengeksfloitir segala permasalahan demi kepentingan politik masing-masing.

“Untuk itu, sangat pentingnya deteksi dini di masyarakat supaya lebih awal mengetahui permasalahan di masyarakat yang bisa melahirkan gejolak untuk diambil tindakan mencegahnya, dan itu semua tidak lepas dari peran serta semua lapisan masyarakat, serta mau memberikan informasi sekecil apapun masalah yang timbul, dan bisa berpotensi menggagung keamanan di masyarakat,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Sumber

Komentar Anda