Bakal calon petahana Ibnu Sina usai menjalani seleksi kompetensi DPC Partai Demokrat Banjarmasin. Secara mental & finasial, Ibnu menyatakan dirinya siap. (foto:rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel.com– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Banjarmasin memanggil para kandidat yang terdaftar sebagai bakal calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin, guna mengikuti seleksi kompetensi. Mereka ditanya sejumlah hal, salah satunya soal kesiapan finansial mengikuti Pilkada.

Ada sejumlah kandidat yang memenuhi panggilan tersebut di sekretariat DPC Partai Demokrat Banjarmasin, Jalan Sultan Adam, Rabu (11/3/2020). Diantaranya, kandidat petahana Ibnu Sina, Senator DPD RI Habib Banua sapaan akrab Habib Abdurrahman Bahasyim, Anang Rosadi Adenansi, dan Sayed Alwi.

Ketua DPC Partai Demokrat Banjarmasin, Bambang Yanto, menerangkan pihaknya sengaja mengundang bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin yang mendaftar untuk mengetahui sejauh mana kesiapan mereka mengikuti Pilkada.

“Sebelum rekomendasi ke DPP kami buat, kami ingin tahu sejauh mana kesiapan calon. Kesiapan yang dimaksud adalah segalanya,” ucapnya kepada awak media, Rabu (11/3/2020).

Bambang mengatakan, undangan seleksi kompetensi ini, menggali lebih dalam kesiapan mental. Soal kesiapan finansial bakal calon berkontensi dalam Pilkada Banjarmasin September mendatang. Ia juga menegaskan hal ini bukan soal mahar politik untuk mendapat rekomendasi partai.

“Ini bukan soal mahar politik. Tidak ada arahan soal mahar dari DPP. Biaya Politik pasti ada dan ini yang akan kami tanyakan sejauh mana kesiapan selain visi dan misi,” imbuhnya.

Terkait finansial tersebut, Bambang mencontohkan untuk keperluan dana saksi yang lumayan besar. Lanjut, ujarnya, itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab si calon yang diusung partai. Kendati partai pengusung tidak menganggarkan untuk biaya saksi.

“Akan kami gali visi misi calon. Cost Politik cukup besar. Syarat ini harus dipenuhi calon. Tentu kami tidak akan sembarang merekomendasikan nama ke pusat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ibnu Sina selaku petahana mengatakan, telah memenuhi yang diminta partai Demokrat, yaitu uji visi-misi dan kesiapan bakal calon. Ibnu pun berharap mendapat restu dari Demokrat Banjarmasin dan sejumlah partai politik lainnya, kembali mencalonkan diri sebagai Walikota Banjarmasin 2020-2025 nanti.

“Ada beberapa Parpol lain selain Demokrat. Saya berharap dapat restu dari Demokrat. Visi-Misi ingin kembali melanjutkan program pembangunan. Soal siap calon wakil nanti kita lihat saja karena politik sangat dinamis,” tandas Ibnu.(rizqon)

Editor : Amran

Sumber

Komentar Anda