PROKAL.CO, BANJARMASIN – Pemilihan walikota Banjarmasin masih seperti benang kusut. Wacana masih berkutat siapa yang akan maju diusung oleh partai politik (parpol) mana. Tak seperti Pilwali Banjarbaru yang genderang perangnya sudah ditabuh sejak lama.

Terbaru, nama Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie digadang yang akan diusung Partai Golkar pada Pilwali tahun 2020 ini. Haris dipasangkan dengan Yuni Abdi Nur Sulaiman, putera Almarhum H Sulaiman HB, sesepuh Partai Golkar Kalsel. 

Haris sendiri memang sejak lama sudah digadang bakal didorong maju sebagai orang nomor satu di Ibu Kota Kalsel. Bahkan, pada pertengahan hingga akhir tahun 2019 tadi, baliho dan spanduk Ketua NU Kalsel itu terpasang menyebar di sudut Kota Banjarmasin. Begitu pula Yuni, Ketua Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat itu, sejak lama mulai mempromosikan diri.

Mencuatnya dua orang ini setelah munculnya foto mereka di Media Sosial (Medsos) belum lama tadi. Dalam foto itu, Haris terlihat berkunjung ke kediaman keluarga Alm Haji Sulaiman di Jakarta. Dia langsung disambut Yuni dan saudaranya, Hasnuriyadi Sulaiman.

Soal foto ini, keduanya masih irit bicara. Mereka mengaku hanya silaturahmi meneruskan kekerabatan orang tua mereka. “Itu hanya momen silaturahmi dalam rangka menyambung dan meningkatkan hubungan persahabatan yang sudah dirintis oleh orang tua kami,” ujar Haris kemarin.

Senada dengan Yuni, dia menuturkan, Haris sudah dianggapnya sebagai kakak dan sangat wajar silaturahmi. “Sepeninggal orang tua kami, kami pun harus melanjutkan perjuangan orang tua kami,” ujar Yuni.

Disinggung soal kandidat di Pilwali nanti, Yuni mengaku sangat siap jika Partai Golkar memintanya. “Insya Allah, mohon doanya. Semoga hasil survei kami bagus dan dipercaya masyarakat,” tuturnya.

Seperti diketahui, dua nama ini tak terlihat ketika pertemuan para kandidat usungan Golkar di kediaman Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel, Supian HK lalu. Yang terlihat hanya sosok Habib Abdurrahman dengan Ananda.

Kabarnya, Golkar lebih condong menyandingkan Haris-Yuni. Bahkan Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor ketika ditanya soal foto pertemuan antara Haris dan Yuni tersenyum seakan memberi sinyal positif. “Insya Allah,” ujar Sahbirin singkat.

Terpisah, Habib Abdurrahman atau yang akrab disapa Habib Banua mengaku masih sangat optimis mendapat tiket dari Golkar. Dia juga membeberkan sudah mendapat restu dari DPP Partai NasDem dan Demokrat. “Masing masing berikhtiar, waktu yang akan menjawab. Terus baik sangka yang sudah digariskan oleh Allah,” tutur anggota DPD RI itu.

Begitu juga Ananda, dia masih sangat optimis Golkar akan mengusung dirinya pada Pilwali tahun ini. Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin itu menyebut, dia tetap mengikuti mekanisme partai dan akan tunduk dengan perintah partai. “Yakin saja. Insya Allah niat baik akan dimudahkan,” ujarnya. (mof/ran/ema)

Sumber

Komentar Anda