Raja Edward VII, Dalang di Balik Perang Dunia Pertama. Siapa Dalang Perang Rusia vs Ukraina?

2 bulan lalu 64
  • Home
  • Internasional
  • Eropa

Kisah Unik

Perang bisa dipicu oleh perbedaan agama, perebutan pengaruh atau wilayah, rebutan sumber daya ekonomi, dan terutama rebutan negara jajahan.

Senin, 28 Februari 2022 17:22 WIB

Istimewa

Raja Inggris Edward VII yang berkuasa singkat sembilan tahun, 1901-1910.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Nothing is new under the sun.

Dalam sejarahnya, perang mewarnai peradaban manusia. Penulis klasik Charles Darwin dan penulis kontemporer Jareed Diamond sudah meyakini dan menuliskannya dalam bukunya masing-masing.

Sejak anak Adam dan Hawa, Habil dan Qabil bertengkar, umat manusia pun selalu berkonflik yang diakhiri peperangan. Mulai dari perang saudara, perang antar negara, hingga perang besar yang melibatkan negara-begara besar seperti perang dunia.

Perang selalu mempunyai alasan dari masing-masing yang terlibat. Bahkan sampai muncul istilah dalam Bahasa Latin, “Si Vis Pacem, Para Bellum”. Artinya, “Jika Anda mendambakan perdamaian, bersiap-siaplah menghadapi perang“.

Tak jelas siapa yang pertama kali memunculkan ungkapan tersebut, meskipun ada yang meyakini  penulis militer Romawi, Publius Flavius Vegetius Renatus.

Perang bisa dipicu oleh perbedaan keyakinan atau agama, perebutan pengaruh atau wilayah, rebutan sumber daya ekonomi, dan terutama rebutan negara jajahan.

Lanjut Baca