Rekrutmen Pegawai PDAM Bandarmasih Gandeng Konsultan Lembaga Independen

3 bulan lalu 36

PDAM Bandarmasih lakukan tes potensi akademik, di Gedung Chandra Serbaguna jalan Belitung Darat, Rabu (2/2/2022).

REKRUTMEN Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih patut dicontoh BUMD lain. Bagaimana tidak, rekrutmen calon pegawai dilakukan dengan sistem terbuka. Bahkan, pihak PDAM Bandarmasih menggandeng lembaga independen Akademik Teknik Tirta Wiyata Magelang (AKATIRTA) sebagai konsultan untuk menangani seleksi calon pegawai.

Menurut Senior Manajer SDM (Sumber Daya Manusia) dan Pengadaan M Ahdiyat menyampaikan, sistem terbuka dalam rekrutmen calon pegawai PDAM Bandarmasih akan menjamin bahwa proses rekrutmen bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) termasuk adanya calon pegawai titipan dari pihak-pihak tertentu.

“Melalui sistem ini, diharapkan kami mendapatkan calon pegawai yang benar-benar mumpuni di bidangnya masing-masing,” ujarnya di sela-sela meninjau pelaksanaan tes.

BACA: Ibnu Sina Berharap PDAM Bandarmasih Tingkatkan Layanan Di Tahun 2022

Lebih lanjut, Ahdiyat menambahkan bahwa dari lima ribu lebih pelamar, sebanyak 767 orang dinyatakan lolos mengikuti tes potensi akademik. Peserta yang berasal dari Kalimantan Selatan tersebar dari beberapa kabupaten/kota. Namun, ada pula pelamar yang berasal dari luar Kalsel.

Hasil tes akan dinilai oleh pihak konsultan dari AKATIRTA Magelang, dan bagi yang lolos akan mengikuti tes psikologi, kesehatan dan wawancara. “Harapannya Juli ini sudah selesai, pegawai baru sudah mulai aktif bekerja,” ujar Ahdiyat.

Pihaknya akan membagi waktu tes menjadi dua sesi, mengingat terbatasnya kapasitas gedung dan mematuhi protokol covid-19 tidak menimbulkan kerumunan. Dibagi dalam dua sesi, yaitu pukul 08: 00 – 11:30 WITA, dan pukul 13:30 – 16:30 WITA.

“Kami menjamin proses pendaftaran calon pegawai berlangsung secara terbuka dan transparan agar diketahui masyarakat secara luas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Lanjut Baca