by

Peneliti: 79 Keluarga Virus Terdapat Pada Kelelawar

Banjarmasinnews.com – Merebaknya kasus virus corona yang saat ini menjadi pandemik tidak luput dari virus yang terdapat dalam tubuh kelelawar.

Kelelawar berpotensi untuk menghadirkan potensi ancaman penyebaran empat kali lebih cepat dan bisa menularkan melalui udara, droplet maupun kontak langsung.

Seperti halnya pandemik Covid-19, sebelumnya kelelawar juga menjadi biang keladi saat terjadinya kasus zoonosi (penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia) seperti Marburg, SARS dan Ebola.

Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Zhiqiang Wu dari Akademi Ilmu Medis Cina terhadap 4.440 kelelawar dari 29 provinsi di negaranya, Wu mendapati terdapat setidaknya 79 keluarga virus yang berpotensi ditularkan ke makhluk hidup lainnya, termasuk serangga, jamur, tanaman dan mamalia.

Dari hasil penelitian tersebut terdapat 19 keluarga virus yang memungkinkan bisa hidup pada mamalia termasuk manusia yang diyakini bisa mematikan.

Kelelawar sendiri mempunyai sistem imunitas dan metabolisme tubuh yang unik sehingga virus tersebut tidak berpengaruh pada mereka sendiri.

Dari penelitian tersebut juga ditemukan kalau dijumlah 79 keluarga virus setara gambaran puncak gunung es di laut. Dalam keluarga virus corona sendiri terdapat sebanyak 30 jenis virus bisa langsung terlihat. Anggota keluarga Circovirus dan Cyclovirus yang terlihat pada kelelawar bahkan sangat berbeda dari kerabatnya yang selama ini dikenal.

Peneliti juga mendapati Kelelawar pemakan serangga lebih memiliki kemungkinan terbesar penghasil virus ketimbang kelelawar pemakan buah.