Beranda Teknologi 7 Fitur Rahasia Google Drive

7 Fitur Rahasia Google Drive

7
0

Banjarmasinnews.com – Layanan penyimpanan cloud semakin disukai untuk penyimpanan file. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Google Drive. Layanan Google yang satu ini menarik.


Sebenarnya, Google Drive bukan hanya tempat penyimpanan cloud. Banyak fitur yang dimilikinya untuk memfasilitasi kegiatan kami.


Tahukah Anda, Google Drive memiliki fitur rahasia. Di sini tim Hitekno mengumpulkan beberapa fitur tersembunyi dari Google Drive.


1. Filter pencarian


Saring pencarian di Google Drive


Anda dapat menyaring hasil pencarian. Klik panah ke bawah di sebelah bidang pencarian


Dari sini Anda dapat membatasi pencarian berdasarkan jenis file, pemilik, lokasi, dan beberapa hal lainnya.


Ini akan mempercepat pencarian jika file sudah mulai banyak.


2. Kirim file besar melalui email “/>

Kirim file besar melalui email


Di Gmail ketika Anda ingin mengirim email, ada ikon Drive. Jika Anda mengirim file dengan cara ini, mereka akan secara otomatis disimpan di Drive


Anda juga dapat mengirim file di Drive melalui email.


Metode ini dapat digunakan untuk mengirim email lebih dari 25 MB.


3. Cara mudah untuk mencadangkan ponsel cerdas


  Mencadangkan file pada ponsel cerdas ke Google Drive
Mencadangkan file di ponsel cerdas ke Google Drive


Google Drive juga dapat digunakan sebagai cadangan data penting dari Anda Ponsel cerdas Android.


Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengakses Pengaturan -> Cadangkan. Pilih apa yang ingin Anda cadangkan, misalnya kontak, kalender, foto, dan video.


Cukup ketuk Mulai Backup dan semua yang Anda pilih akan disimpan di Google Drive. Namun, disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi.


4. Folder cadangan dari PC atau Mac


Sama seperti di samartphone, Google Drive juga dapat digunakan untuk membuat cadangan file di PC atau Mac Anda.


Fitur ini telah menjadi default aplikasi Drive di PC dan Mac. Anda dapat mengaktifkan fitur Sinkronisasi atau sinkronisasi.


5. Akses Luring


  Akses Luring di Google Drive
Akses Luring di Google Drive


Google Drive memberi Anda kemampuan untuk diakses luring. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan di Google Drive.


Kemudian instal ekstensi Google Docs Offline di browser Chrome. Kemudian masuk ke akun Google Drive Anda


Anda masih dapat mengakses file dan mengeditnya secara offline. Kemudian ketika online, itu akan secara otomatis diperbarui.


6. Filter cepat


Terkadang ketika mencari file yang terganggu dengan berbagai jenis file. Ini akan sering terjadi jika file memiliki ribuan dan beragam jenis.


Anda dapat melakukan filter cepat dengan memasukkan – [tipe file] di bidang pencarian. Maka file dengan tipe itu tidak akan muncul.


Misalnya ingin membuang file foto, Anda cukup memasukkan-jpg atau -jpeg di kolom pencarian. Kemudian file dengan tipe itu akan dihapus.


7. Pembentukan Hapus


Ketika Anda menyalin-menempelkannya ke file Docs, format aslinya akan dilakukan. Untuk menghapusnya Anda bisa melakukan Clear Formatting.


Cara mudah untuk mengakses Format -> Hapus format, Anda dapat menggunakan Ctrl- (dalam PC) perintah. Atau pada Mac dengan Command- yang akan menghapus format default.


Cara lain adalah dengan menambah shift saat melakukan pasete. Ctrl-V biasa sekarang tekan Ctrl-Shift-V dan tulisan akan ditempelkan tanpa format default.