Beranda Teknologi Batuan Misterius di Mars Bukan Ulah Alien?

Batuan Misterius di Mars Bukan Ulah Alien?

6
0

Banjarmasinnews.com, Jakarta – Lembaga antariksa Amerika (NASA) menyatakan bahwa batuan misterius di Mars merupakan tumpukan endapan yang mengikis, bukan hasil kerja alien.

Formasi yang dijuluki Medusae Fossae Formation (MFF) pertama diamati pada 1960 melalui pesawat ruang angkasa Mariner. Namun, pada saat itu ilmuwan NASA belum bisa menjelasan penyebab dari terbentukan batuan tersebut.

“Ini adalah hal besar, tidak hanya pada skala Mars, tapi juga dalam hal tata surya, karena kita tidak tahu di tempat lain apakah seperti ini,” ujar ilmuwan planet dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore Lujendra Ojha, seperti dilansir laman Fox News, Rabu, 19 Juni 2018.

Baca juga: Benarkah di Mars Tak Ada Alien? Ini Faktanya

Para pemburu UFO juga meyakini proses pembentukan batuan disebabkan oleh aktivitas gunung berapi di planet merah itu miliaran tahun yang lalu. Peneliti telah menerbitkan sebuah penelitian di Journal of Geophysical Research yang menunjukkan bahwa ini dibentuk oleh letusan gunung berapi lebih dari 3 miliar tahun yang lalu.

Skala MFF, kata Ojha sangat besar, kira-kira seperlima ukuran Amerika. Ini juga 100 kali lebih besar dari endapan vulkanik peledak terbesar di bumi, yang akan membuatnya menjadi kumpulan vulkanik eksplosif terbesar yang diketahui di tata surya.

Dijelaskan dalam hasil penelitian tersebut bahwa MFF merupakan benda yang relatif berpori yang asal-usulnya tidak pasti. Tertulis dalam penelitian itu, bisa saja formasi terbentuk melalui proses vulkanik, eolian dan es.

Baca juga: Kisah Wamelink Membiakkan Cacing di Tanah Mars

Menurut laman BGR, para peneliti menggunakan data dari berbagai wahana pengorbit Mars untuk mengukur MFF untuk pertama kalinya. Dan menyebutkan memiliki pori yang diakibatkan letusan unung berapi eksplosif.

“Letusan yang menciptakan endapan itu bisa memuntahkan sejumlah besar gas yang mengubah iklim ke atmosfer Mars,” tambah Ojha. “Dan mengeluarkan air yang cukup untuk menutupi alutan Mars yang lebih dari 9 sentimeter atau 4 inci tebalnya”.

Hal itu terjadi, karena tingginya tingkat karbon dioksida dan air yang telah dikeluarkan dari MFF. Penelitian juga menjelaskan bahwa MFF telah secara substansial berkontribusi pada atmosfer Mars dan hidrosfer.

Baca juga: Amerika Diduga Pernah Lakukan Kontak dengan Alien

Simak artikel menarik lainnya tentang batuan Mars dan berita menarik alien lainnya hanya di kanal Tekno Tempo.co.

FOX NEWS | JOURNAL OF GEOPHYSICAL RESEARCH | BGR