Beranda Teknologi Cara Mengamankan Gmail Terbaca Pihak Ketiga

Cara Mengamankan Gmail Terbaca Pihak Ketiga

6
0

Banjarmasinnews.com – Apakah kamu pakai Gmai? Sudah yakin email yang ada di Gmail aman? Tunggu dulu, ada masalah yang belum lama ini ditemukan pada layanan email dari Google ini.


Pada awal pekan ini Wall Street Journal menerbitkan beberapa artikel yang menunjukkan bahwa beberapa aplikasi dan layanan tidak hanya menggunakan komputer untuk membaca Gmail pelanggan, tetapi juga pihak ketiga.


Dilansir dari Suara.com, untuk menghindari pihak ketiga membaca Gmail pengguna, Google meminta kamu mengunjungi halaman Pemeriksaan Keamanan (Security Checkup) untuk meninjau izin apa saja yang telah pengguna berikan sebelumnya ke aplikasi selain Google.


Pada halaman tersebut, pengguna dapat melihat aplikasi mana yang memiliki akses ke Gmail dan pengguna dapat mencabut akses tersebut jika mau.


Admin G Suite juga dapat mengontrol data apa yang dapat diberikan pengguna Gmail ke aplikasi selain Google, dengan memasukkan aplikasi OAuth yang telah terhubung dan diperiksa oleh pihak Google.


Selain meninjau aplikasi apa saja yang saat ini memiliki akses ke akun Gmail pengguna, Google menyarankan untuk memperhatikan secara khusus akses apa saja yang diminta oleh aplikasi di masa depan sebelum pengguna memberika mereka izin.


Google juga mencatat bahwa agar aplikasi mendapatkan akses ke akun Gmail harus melewati proses peninjauan perusahaan.


Semua ini diterbitkan Google sebagai penjelasan resmi mengenai praktik dan menawarkan solusi bagi pengguna Gmail.


Permasalahan spesifiknya berkaitan dengan aplikasi yang terhubung langsung dengan akses Gmail, misalnya aplikasi yang memindai email pengguna untuk pemberitahuan terbaru mengenai aplikasi tersebut.


Meskipun pengguna menyadari telah menyerahkan akses tersebut saat mendaftar di aplikasi tertentu, kebanyakan pengguna mungkin tidak menyadari sejauh mana akses yang mereka berikan.


Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Hentikan Pihak Ketiga Baca Isi Gmail Anda! Ini Caranya.