KOMPAS.com – Jika Anda adalah pengguna smartphone Xiaomi Mi A2 Lite, sebaiknya urungkan niat Anda apabila ingin memperbarui sistem operasi ke Android 10.

Pasalnya, sejumlah pengguna melaporkan perangkat Mi A2 Lite mereka rusak setelah memperbarui sistem operasi ke Android terbaru.  

Melalui forum Mi.com dan Reddit, para pengguna mengeluhkan perangkat mereka tak lagi bisa digunakan karena mengalami bootlop sesaat setelah diperbarui. 

Bootloop adalah kondisi di mana sebuah smartphone mengalami kerusakan dan me-restart sendiri secara berulang. 

Para pengguna mengaku, bootloop ini terjadi setelah mereka memperbarui OS dari Android 9 Pie ke Android 10 lewat over-the-air (OTA).

“Ponsel (Mi A2 Lite) tidak menyala setelah diperbarui, senasib seperti beberapa pengguna di forum ini (Mi.com),” tutur salah satu pengguna.

“Setelah melakukan pembaruan, ponsel saya mengalami bootloop selama dua jam,” imbuh pengguna lainnya.

Baca juga: Android One Sudah Beredar 5 Tahun di Ponsel, Laris atau Miris?

Meski demikian, ada pula sejumlah pengguna Mi A2 Lite lainnya yang melaporkan tidak terjadi masalah meski sudah memperbarui sistem operasi ke Android 10.

Namun, mereka pun tidak mengetahui secara pasti bagaimana ponsel tersebut bisa berhasil diperbarui tanpa mengalami masalah.  

Sebelumnya, Xiaomi menggelontorkan pembaruan Android 10 ke pengguna Mi A2 Lite di sejumlah wilayah secara bertahap. 

Mi A2 Lite merupakan ponsel Android One dari Xiaomi yang dirilis pada 2018 lalu. Berbeda dengan ponsel Xiaomi lainnya, Mi A2 Lite menggunakan sistem operasi Android murni tanpa dilapisi MIUI.  

Ini bukan pertama kalinya pembaruan Android yang digelontorkan Xiaomi menuai masalah. Hal serupa juga sempat terjadi saat Xiaomi memperbarui sistem operasi Mi A3. 

Baca juga: Melihat dari Dekat Mi A2, Ponsel Android One Kedua Xiaomi

Pembaruan sistem operasi tersebut kala itu masuh mengandung sejumlah bug yang berdampak negatif terhadap pengalaman pengguna.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Rabu (11/3/2020), sampai saat ini belum diketahui apa penyebab dari masalah tersebut. Pihak Xiaomi pun belum memberi tanggapan terkait hal ini.

Sumber

Komentar Anda