Beranda Teknologi Kaspersky: Banyak Pengguna Tak Peduli Keamanan Data di Smartphone

Kaspersky: Banyak Pengguna Tak Peduli Keamanan Data di Smartphone

5
0

Banjarmasinnews.com, Jakarta – Tak dapat dimungkiri, saat ini banyak orang terlalu bergantung pada perangkat seluler untuk mengakses internet dan melakukan aktivitas online.

Karenanya, bila gadget yang digunakan hilang karena dicuri dapat berpotensi merusak dan mengganggu.

Bayangkan kalau pencopet yang mencuri smartphone mendapatkan lebih dari sekedar gawai, tapi juga data pribadi pengguna. Hal ini menjadi salah satu kekhawatiran terkini yang diangkat oleh Kaspersky Lab.

Dalam survei terbarunya, perusahaan mengungkap data tentang dampak dari keteledoran pengguna smartphone. Khususnya soal kata sandi.

Berdasarkan data tersebut, 48 persen responden survei dianggap gagal melindungi perangkat seluler mereka. Hanya 22 persen dari total responden yang memahami terhadap hal itu.

“Mereka yang kerap meninggalkan perangkatnya dengan data berharga di dalamnya, karena tidak terlindungi maka dapat diakses oleh siapa saja,” jelas Dmitry Aleshin, VP Pemasaran Produk Kaspersky Lab yang dilansir Merdeka.com,¬†Sabtu (14/7/2018).

Ia menambahkan, berbagai jenis data berharga tersimpan dan dikirim dari perangkat tersebut. Contohnya, lebih dari sepertiga atau sekitar 35 persen orang pakai smartphone untuk transaksi perbankan online.

Ini berarti penjahat berpotensi mendapatkan dan mengakses informasi keuangan yang berharga.