Beranda Teknologi KM Sinar Bangun Ditemukan, Basarnas Siapkan Dua Opsi Evakuasi

KM Sinar Bangun Ditemukan, Basarnas Siapkan Dua Opsi Evakuasi

6
0

Banjarmasinnews.com Medan – Posisi kapal karam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba akhirnya ditemukan melalui Kendaraan yang Dioperasikan dari Jarak Jauh (ROV) atau perangkat robot dalam air. Saat ini, tim gabungan Badan Penelusuran dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) sedang membahas dua opsi untuk proses evakuasi

"Ini adalah bahan dari pertemuan kami hari ini Kami telah menemukan target, tetapi kami masih mencari cara untuk mengangkat objek yang ditemukan, yang disiapkan, "kata Kepala Kantor SAR Medan Budiawan pada hari Jumat, 29 Juni 2018.

Baca: 5 Pesan Presiden Jokowi untuk Penanganan Tragedi KM Sinar Bangun [19659003] Budiawan menjelaskan, opsi pertama yang mungkin diambil adalah mengangkat kapal meski memakan waktu. Kedua, tetap membiarkan kapal dan membiarkan jasad para korban tetap berada di Danau Toba. Jika pilihan kedua diambil, bunga akan ditanam untuk berdoa bagi korban.

Dia menjelaskan bahwa pilihan kedua datang setelah mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya kondisi medan. Danau Toba memiliki kedalaman yang sangat tinggi, sehingga keselamatan personel harus diperhatikan.

Baca: Polisi Tetapkan Empat Tersangka Menenggelamkan KM Sinar Bangun

"Kami harus berpikir dengan hati-hati tentang bagaimana kami membantu objek ini, dan opsi ini akan dinegosiasikan dengan Basarnas, pemerintah kabupaten dan keluarga korban, "kata Budiawan.

Proses evakuasi KM Sinar Bangun yang telah memasuki hari ke 12 berlanjut pada hari ini. Namun, proses ini akan lebih fokus pada dua target, yaitu mencari korban dan pemantauan melalui udara.

Baca: Kandungan KM Sinar Bangun Saat Tenggelam

Sementara itu, proses evakuasi KM Sinar Bangun masih menggunakan alat yang sama. Selain menggunakan ROV, tim menggunakan alat pukat harimau yang akan dibantu oleh KMP Sumut 1 dan KMP Sumut 2. Alat-alat baru juga terus diimpor untuk memperjelas gambar dari ROV

"Tadi malam sudah tiba, tapi secara teknis , tim teknis lebih mengerti Kami juga meminta restu untuk dapat menyelesaikan tugas kami dengan baik dan maksimal, "kata Budiawan.