LCD HP Bergaris dan berkedip
LCD HP bergaris dan berkedip-kedip. Foto: Ist/Net

LCD HP bergaris dan berkedip merupakan salah satu masalah yang dapat terjadi sewaktu-waktu pada ponsel anda. Gangguan ini pun dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Cara mengatasinya juga dapat dilakukan dengan berbagai tindakan. Pada dasarnya layar ponsel Android jarang sekali mengalami kerusakan. Meskipun mengalami kerusakan, akan terlihat setelah penggunaan dalam jangka waktu yang sudah lama.

LCD HP Bergaris dan Berkedip

Penyebab LCD bergaris dan berkedip ini harus kita ketahui untuk menghindari kerusakan tersebut. Setiap ponsel selalu memiliki spesifikasi LCD yang berbeda-beda. Ketahanan terhadap segala gangguan yang diterimanya juga akan berbeda.

Baca Juga: Ponsel Sering Muncul Iklan? Atasi Dengan Trik Jitu Ini

Penyebab LCD Bergaris dan Berkedip

Sebagai pengguna ponsel yang cerdas, selain dapat menikmati dan menggunakan segala spesifikasi maupun kelebihan dari sebuah ponsel, juga harus mampu memberikan serta melakukan perawatan yang sesuai.

Tentunya untuk selalu memberikan ponsel dalam kondisi yang baik. Berikut ini beberapa penyebab LCD bergaris dan berkedip yang perlu anda ketahui agar dapat menghindarinya.

Pengaturan Ponsel yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab LCD HP bergaris dan berkedip adalah pengaturan ponsel yang tidak sesuai atau tidak sebagaimana mestinya.

Pengaturan yang dimaksud seperti halnya strict mode atau fitur Face Unclok hingga pengaturan kecerahan layar.

Dari pengaturan semacam ini yang dinilai tidak sesuai, maka akan menimbulkan efek tertentu yang justru dapat mengganggu. Sehingga memberikan tampilan gambar pada LCD yang terkesan berkedip.

Terjadinya Masalah Pada Konektor

Terjadinya masalah pada konektor ponsel juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan LCD seperti bergaris atau berkedip. Keadaan konektor yang tidak sesuai inilah menyebabkan LCD tak dapat bekerja dengan sempurna.

Kondisi konektor yang terlepas atau longgar dapat memunculkan garis-garis pada LCD ponsel. Kerusakan pada konektor pun juga dapat disebabkan oleh berbagi faktor.

Seperti tertimpa tekanan yang terlalu besar serta dapat disebabkan karena pemasangan yang kurang pas ketika proses perakitan sehingga LCD HP bergaris dan berkedip.

Kerusakan Jalur LCD

Faktor pemicu kerusakan pada LCD bergaris dan berkedip juga dikarenakan jalur LCDnya yang bermasalah. Sebenarnya kerusakan pada jalur LCD ini sangat jarang terjadi.

Namun, karena ponsel kita yang gunakan untuk berbagai keperluan dan kepentingan, terutama di luar ruangan, maka gangguan pada jalur LCD mungkin saja bisa terjadi.

Hal ini dapat disebabkan oleh komponen layar yang tak sengaja terkena air yang kemudian memberikan pengaruh pada jalur LCDnya.

Cara Mengatasi LCD HP Bergaris dan Berkedip

Setelah kita sudah mengetahui penyebab LCD bergaris dan berkedip, maka terdapat cara untuk menanganinya apabila kedua kerusakan tersebut sudah terjadi. Berikut ini cara mudah mengatasinya yang dapat anda lakukan.

Aktifkan Mode Malam Ponsel

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi LCD bergaris dan berkedip adalah dengan mengaktifkan mode malam pada ponsel anda. Cara ini merupakan langkah yang paling mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, tidak setiap ponsel memiliki pengaturan mode malam semacam ini. Ponsel yang sudah memiliki sistem operasi 8 ke atas, maka sudah tersedia fitur mode malamnya.

Namun, bagi ponsel yang tidak memiliki fitur ini, maka cukup melakukan pengunduhan aplikasi mode malam di Play Store. Meskipun cara ini tidak dapat membantu sepenuhnya, tetapi setidaknya dapat meminimalisir.

Menggunakan Opsi Pengembang

Cara mengatasi LCD HP Bergaris dan berkedip selanjutnya adalah dapat menggunakan opsi pengembang. Opsi pengembang merupakan sebuah pengaturan lanjutan yang berasal dari setelah HP Android.

Di dalam opsi pengembang ini, kita dapat melakukan berbagai pengaturan. Mengingat anda diberikan keleluasaan dalam melakukan pengaturan, maka hendaknya juga harus lebih berhati-hati.

Pasalnya, jika sistem pengaturan yang dijalankan mengalami kesalahan, tujuan awal untuk memperbaiki LCD bergaris dan berkedip tidak akan tercapai. Malah kerusakan lainnya dapat terjadi.

Tujuan dari penggunaan opsi pengembang ini adalah untuk mengatasi permasalahan pada LCD karena adanya gangguan pada hardwarenya.

Penggantian Komponen LCD

Cara terakhir ini merupakan pilihan yang harus dilakukan apabila kerusakan yang terjadi berasal dari LCD itu sendiri.

Dengan kata lain, kerusakan jenis ini sudah termasuk dalam tingkat yang parah. Sehingga LCD HP bergaris dan berkedip dapat segera teratasi apabila segera melakukan penggantian. (R10/HR-Online)

Sumber

Komentar Anda