Beranda Teknologi Putuskan Kutukan Penalti Inggris, Ini Rahasia Jordan Pickford

Putuskan Kutukan Penalti Inggris, Ini Rahasia Jordan Pickford

7
0

Banjarmasinnews.com, Jakarta – Penjaga gawang Jordan Pickford mengungkap rahasia di balik suksesnya mereka memutuskan kutukan adu tendangan penalti Inggris di Piala Dunia saat menghadapi Kolombia, dinihari tadi. Dia mengaku melakukan persiapan khusus untuk menghadapi situasi seperti itu.

Pickford mengatakan telah melakukan riset mengenai para penendang penalti Kolombia. Dengan tinggi hanya 185 sentimeter, dia mengakui sebenarnya bukanlah penjaga gawang yang ideal untuk menghadapi situasi seperti itu. Namun dia percaya hal itu bisa teratasi dengan kecepatan refleks serta kekuatan yang dia miliki.

“Saya melakukan semua riset itu sendiri,” ujarnya, seperti dilansir media Inggris, Metro. “Saya memiliki kekuatan dan kelincahan. Saya tak peduli jika saya bukan penjaga gawang tertinggi, karena itu semua soal berada di sana dalam momen yang tepat dan melakukan penyelamatan.”

Pickford menjadi pahlawan Inggris setelah berhasil menggagalkan tendangan penendang kelima Kolombia, Carlos Bacca. Satu tendangan pemain Kolombia lainnya, Luis Muriel, gagal menembus gawang Pickford karena membentur mistar gawang.

Penjaga gawang klub Everton itu mengaku menghadapi situasi yang berat saat berhadapan dengan Bacca. Pasalnya, saat itu angin berembus kencang ke arahnya dan berpotensi mempercepat laju bola.

Namun dia akhirnya mampu menepis bola tendangan Bacca itu dengan tangan kirinya. Secara teknis, penyelamatan Pickford bukanlah yang terbaik karena dia menggunakan tangan yang berada di sisi atas, tapi dia tak mempedulikan itu.

“Saat itu angin sedang kencang, tapi saya bisa membuat penyelamatan dengan tangan kiri saya. Saya mendapat kritik karena menggunakan tangan di sisi atas tubuh saya, tapi selama Anda bisa menyelamatkannya, itu tak menjadi masalah,” katanya.

Pickford mengatakan kekuatan mental juga merupakan hal yang sangat krusial dalam adu tos-tosan. Dia pun mengaku memiliki hal itu meskipun baru berusia 24 tahun.

“Saya mungkin masih muda, tapi saya memiliki kekuatan mental yang baik dan pengalaman. Itu sangat berguna (dalam situasi tendangan penalti),” kata Pickford.

Performa Pickford sendiri sempat diragukan. Tak hanya karena masih sangat muda, tapi dalam tiga laga babak penyisihan Piala Dunia 2018 Grup G lalu, dia tak pernah bisa menjaga gawang Inggris tak kebobolan. Pickford harus rela memungut bola dari gawangnya saat menghadapi Tunisia, Panama, dan saat dikalahkan Belgia.

METRO