Beranda Teknologi Tertarik Road Trip di Inggris? Simak 6 Tip Ini

Tertarik Road Trip di Inggris? Simak 6 Tip Ini

5
0

Banjarmasinnews.com, Jakarta – Aktivitas road trip atau melancong menggunakan mobil pribadi untuk mengunjungi sejumlah wilayah di suatu negara kian akrab bagi orang Indonesia. Melalui media sosial, dalam kurun waktu beberapa tahun ini, banyak traveler Tanah Air yang menyarankan wisatawan menikmati kota-kota di beberapa negara dengan cara road trip.

Belum lama ini, Anggey Anggraini dan Kadek Arini menjajal road trip menyusuri sejumlah daerah di Selandia Baru. Begitu juga dengan traveler sekaligus penulis buku traveling, Soul Travellers: Turning Miles into Memories, Andre Mokalu. Andre, dalam pesan pendeknya kepada Tempo pada Rabu, 12 Juli 2018, mengatakan telah menjajal kegiatan itu selama 4 tahun tinggal di Inggris.

Inggris, dalam pandangan Andre, adalah negara yang cocok untuk penikmat perjalanan darat. Apalagi istilah road trip dulunya memang berkembang dari negara-negara di daratan Eropa, seperti Inggris. “Hampir semua kota di sana berkesan untuk road trip. Apalagi ada empat kerajaan,” ujarnya.

Namun, untuk melakoni road trip di Inggris, khususnya bagi orang Indonesia, perlu diperhatikan sejumlah hal. Misalnya, berkaitan dengan suhu dan aturan lalu-lintas. Andre pun membagikan tip khusus untuk orang Indonesia yang akan road trip di Inggris.

1. Rambu yang berbeda
Andre menyarankan orang Indonesia mempelajari lebih dulu rambu-rambu yang berlaku di sejumlah negara di Eropa, khususnya Inggris. Sebab, aturan yang diberlakukan sangat berbeda dengan Tanah Air. “Bisa dipelajari di situs Gov.uk,” katanya.

2. Teknologi canggih dengan CCTV
Hampir semua jalan di Inggris terpantau CCTV. Karena itu, jarang terlihat polisi berjaga di sepanjang jalan. Pengguna jalan tak boleh terlena meski tak ada polisi. Sebab, bila menyalahi aturan lalu-lintas, mereka akan dengan mudah ditangkap.

3. Memperhatikan kecepatan
Diberlakukan aturan maksimal kecepatan berkendara di masing-masing rute. Pengendara harus paham benar. Adapun batas maksimal tersebut bervariasi. Untuk jalanan perkampungan, misalnya, pengendara hanya boleh mengendarai mobil dengan kecepatan tak lebih dari 48 kilometer per jam. Sedangkan untuk jalan tol kira-kira 112 kilometer per jam.

Baca Juga: 
4 Tip Berlibur Hemat di Hong Kong 
5 Tip Tidur Nyenyak Selama Liburan di Daerah yang Asing 

4. Perihal surat menyurat
Andre mengungkapkan, untuk berkendara, bila tak memiliki surat izin mengemudi (SIM) internasional, khusus di Inggris, pelancong bisa membawa sejumlah identitas pengganti. Di antaranya SIM A, kartu pelajar apabila sekolah di sana, dan kartu kredit. Menurut Andre, SIM A berlaku di Inggris dalam batas waktu tertentu.

5. Harga sewa mobil
Harga sewa mobil rata-rata di Inggris adalah 25 Pound per hari atau setara dengan Rp 470 ribuan. Harga paling murah ialah untuk mobil dengan sistem berkendara manual berkapasitas mesin 1.500 cc. Prosedurnya, sebelum menyewa, pelancong disarankan mengecek kondisi. Adapun sebaiknya pelancong menyewa sebelum akhir pekan karena harga yang dibanderol lebih tinggi. Pun, akan berebut dengan wisatawan lain. 

Pengendara mobil Ferrari, melihat pengendara mobil klasik dalam acara tahunan, Brighton Veteran Car Run ke-118, di London, Ingggris, 2 November 2014. REUTERS

6. Daerah road trip
Andre menyarankan, untuk pemula road trip, mereka sebaiknya melalui jalur Inggris selatan yang jalannya lebar dan landai. Akses jalan tol pun tersedia. Misalnya, ke Dover, Brighton, dan Windsor. Sedangkan bagi yang sudah ahli, mereka disarankan untuk menjajal daerah Skotlandia atau keliling pantai utara.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA