Tips Bersihkan Ponsel Cegah Corona
Ilustrasi penguna ponsel. Foto: Istimewa

Saat ini telah kita dapati adanya tips bersihkan ponsel cegah Corona yang bisa dilakukan. Mengingat penyebaran Novel Coronavirus (Covid-19 atau SARS-CoV-2) atau lebih kita kenal sebagai virus Corona telah meluas hingga masuk ke Indonesia.

Pada dasarnya, ponsel yang setiap hari kita gunakan bukan merupakan media perantara yang dapat menyebarkan virus Corona.

Meskipun demikian, sebagai pengguna ponsel, kita haruslah waspada dengan memperhatikan kebersihan perangkatnya.

Seseorang terdapat kemungkinan terinfeksi virus Corona apabila menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi, yang kemudian melakukan kontak fisik seperti mulut, hidung, atau mata.

Sebab itulah, ponsel yang sejatinya kita bawa ke setiap tempat memiliki peluang untuk menularkan virus maupun bakteri di lingkungan kita, dari satu tempat ke tempat lainnya.

Maka dari itu, penting untuk dilakukan pencegahan dengan rajin membersihkan ponsel secara rutin dan berkala. Dengan tujuan agar mengurangi berbagai macam bakteri maupun virus yang menempel.

Tips Bersihkan Ponsel Cegah Corona

Perlu kita tahu bahwa ponsel merupakan benda sekaligus alat elektronik yang paling sering kita sentuh dan digunakan.

Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa bakteri yang terdapat di ponsel kita memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan bakteri yang ada di toilet.

Maka dari itu, penting untuk anda tahu, bagaimana cara membersihkan ponsel yang baik dan benar. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips untuk membersihkan HP agar dapat mencegah penularan dan penyebaran virus Corona.

Menggunakan Microfiber

Tips bersihkan ponsel cegah Corona pertama kali yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan microfiber. Microfiber sendiri merupakan sebuah serat sintetis dengan permukaannya yang sangat halus.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, anda hanya perlu membersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber ini, yang sedikit dibasahi dengan sabun dan air hangat. 

Dengan menggunakan microfiber yang bertekstur lembut, maka anda tak perlu khawatir permukaan ponsel akan tergores.

Penggunaan sabun dan air hangat ini dapat membunuh dan menghilangkan bakteri serta virus yang ada di permukaan ponsel.

Namun terdapat beberapa catatan yang harus anda perhatikan ketika menggunakan tips yang satu ini. Dilarang memakai sabun cuci piring, sabun cuci tangan dan sejenisnya.

Menggunakan Tisu Bayi atau Tisu Wajah

Tips bersihkan ponsel cegah Corona selanjutnya yaitu dengan menggunakan tisu bayi atau tisu wajah untuk membersihkan ponsel dengan cara mengelapnya. Kedua jenis tisu ini memiliki tekstur yang lembut dan halus.

Sehingga sangat cocok ketika digunakan untuk membersihkan ponsel anda. Selain kedua jenis tisu tersebut, anda juga dapat menggunakan tisu anti bakteri lainnya yang memiliki tekstur sama persis dengan tisu bayi maupun tisu wajah.

Jika anda menggunakan cara ini, maka bagian ponsel yang harus dibersihkan cukup pada bodinya saja. Perlu untuk dihindari juga pemakaian pembersih dapur, penghapus rias, pembersih jendela hingga cuka.

Menggunakan Pembersih Sinar UV

Tips bersihkan ponsel cegah corona berikutnya adalah dengan memakai pembersih sinar UV. Pembersih sinar UV ini dapat menggunakan semacam pembersih sinar UV-C atau pembersih UV smartphone.

Tips ini dilakukan untuk menjangkau bagian-bagian ponsel yang berukuran kecil hingga bagian lubang yang sulit.

Jika tips sebelumnya digunakan untuk membersihkan bagian permukaan atau bodi ponsel saja, maka tips yang satu ini dapat dipakai pada area ponsel yang lebih spesifik lagi.

Bahkan dengan menggunakan pembersih UV smartphone memberikan hasil yang lebih efektif dalam membunuh kuman yang menempel di ponsel.

Menggunakan Larutan Alkohol

Masih berbicara mengenai tips bersihkan ponsel cegah Corona. Langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan ponsel adalah dengan memanfaatkan larutan alhokol.

Terbukti, larutan alkohol ini juga memberikan hasil yang efektif untuk menghilangkan kuman maupun virus lainnya.

Aturan penggunaannya pun cukup simpel, yaitu dengan menggabungkan perbandingan 60 persen air dan 40 persennya lagi adalah alkohol.

Untuk pengaplikasiannya, cukup gunakan mikrofiber maupun kapas sebagai perantaranya. Disamping itu, pemakaian cairan alkohol juga ampuh untuk bersihkan celah diantara ponsel dan casing, dimana spot tersebut ialah yang menjadi sarang bakteri jika dibanding layar ponsel.

Penggunaan dengan cara menyemprotkan alkohol secara langsung ke ponsel tidak dianjurkan. Lantaran dapat meninggalkan bekas.

Mencegah penyebaran virus Corona dapat kita mulai dari diri kita sendiri. Oleh karena itu, tips bersihkan ponsel cegah Corona ini bisa kita terapkan. (R10/HR-Online)

Sumber

Komentar Anda