Ucapan Hari Perempuan Internasional Lengkap dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

2 bulan lalu 35

Tahun 1908 menjadi permulaan munculnya Hari Perempuan Internasional di New York, Amerika Serikat. Saat itu, akibat perbuatan buruk yang sering dialami perempuan, sebanyak 15 ribu perempuan pun melakukan aksi demo menyuarakan hak mereka, yaitu menuntut jam kerja yang lebih pendek, upah yang lebih baik, dan hak untuk memilih.

Pada 28 Februari 1909, Hari Perempuan Nasional diperingati pertama kalinya di New York, Amerika Serikat. Kemudian, Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Rusia pada 1917, dan diperingati secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada 1910 dalam sebuah konferensi, seorang pemimpin Kantor Perempuan di Partai Sosial Demokrat Jerman mengusulkan bahwa peringatan Hari Perempuan Internasional harus diadakan dalam skala internasional. Sehingga, semua perempuan di setiap negara dapat merayakan hari yang sama dengan tanggal yang sama pula. Konferensi tersebut pun dihadiri 100 wanita dari 17 negara.

Pada 1914, Hari Perempuan Internasional pun disepakati pada tiap 8 Maret dan berlaku hingga kini. Pada 1977, Hari Perempuan Sedunia barulah diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Selanjutnya, Hari Perempuan Internasional dirayakan pertama kali pada 1911 di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Pada 1996, tema Hari Perempuan Sedunia pertama yang diadopsi oleh PBB adalah “Merayakan Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan.”

Hari Perempuan Internasional bahkan telah dijadikan sebagai tanggal perayaan seberapa jauh perempuan berperan di masyarakat, politik, dan ekonomi. Hari Perempuan Sedunia ditetapkan pada 8 Maret karena disesuaikan dengan kalender Julian ke kalender Gregorian. Pada pemogokan buruh yang terjadi pada 23 Februari 1917 adalah 8 Maret dalam kalender Gregorian.

Hari Perempuan Internasional pun dijadikan sebagai hari libur nasional di banyak negara, termasuk Rusia. Di Rusia, penjualan bunga umumnya berlipat ganda selama 3-4 hari sejak 8 Maret untuk Hari Perempuan Sedunia. Sementara di Tiongkok, banyak perempuan diberikan cuti setengah hari pada 8 Maret untuk peringatan Hari Perempuan Internasional. Namun, tidak semua atasan mau memberikan cuti kepada karyawatinya.

Di Italia, Hari Perempuan Internasional disebut pula sebagai ‘la Festa della Donna’. Orang-orang merayakan Hari Perempuan Sedunia dengan memberikan mimosa blossom. Asal usulnya belum jelas, tapi tradisi ini diyakini telah dimulai di Roma setelah Perang Dunia Kedua. Sementara di Amerika Serikat, bulan Maret menjadi Bulan Sejarah Wanita. Proklamasi presiden yang dikeluarkan setiap tahun untuk menghormati prestasi wanita Amerika.

Lanjut Baca