Berita  

Video Viral Lampu Kabut Mobil Terbakar, Jangan Asal Ganti Bohlam

20230718 094757

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan lampu kabut mobil terbakar. Beruntung api bisa segera dipadamkan sebelum menghanguskan mobil tersebut.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @gillll06_, terlihat Toyota Avanza berwarna putih mengeluarkan api di bagian lampu kabut sebelah kanan. Dengan bantuan warga sekitar, akhirnya api berhasil dipadamkan sebelum membesar.

Baca juga: Jangan Asal Pasang, Ini Persyaratan Lampu Kabut Sesuai Peraturan

Yomin Sugianto, pemilik Yoong Motor yang merupakan spesialis lampu mobil, mengatakan, itu kemungkinan besar diganti bohlamnya. Selain itu, tingkat keterangan atau intensitas cahayanya juga diabaikan.

NMI

Desain lampu kabut dan gril, sporty look.

“Sebenarnya, lampu kabut dari Toyota yang baru-baru itu maksimumnya hanya bisa sampai 18 watt. Mereka pasti ganti sampai 50 watt, tanpa relay set,” ujar pria yang akrab disapa Koh Yoong tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Koh Yoong menambahkan, jika diubah dengan watt yang lebih tinggi, lampu tetap bisa menyala. Tapi, untuk jangka waktu yang panjang pasti akan meleleh dan terbakar.

Baca juga: Jangan Asal, Pahami Lagi Fungsi Lampu Kabut pada Mobil

“Kenapa yang sebelah kanan yang terbakar, sedangkan kiri tidak? Sebab, jarak aki di kiri ke lampu kabut di kanan itu lebih panjang, dan bentangan kabel itu pasti lebih cepat panas. Sebab, isolator yang plastik itu kalau sudah sampai titik didih ya akan meleleh dan benar-benar terbakar,” kata Koh Yoong.

Aditya Maulana, Otomania

Beragam lampu kabut yang dijual di Istana Mobil Sport MKG Kemayoran.

Selain itu, Koh Yoong menambahkan, mungkin waktu pemasangan awal harusnya pengaman sekring dari Toyota itu putus. Kemudian, diganti dengan sekring yang lebih besar amperenya yang tidak sesuai dengan perhitungan.

“Jadi, sekring itu kalau orisinal bisa putus. Maksudnya, untuk merek yang bagus. Tapi, kalau beli yang murah, tulisan 10 ampere walaupun dikasih beban 10 ampere tidak bisa putus. Jadi, banyak faktor juga yang menyebabkan kabel bisa terbakar,” ujarnya.

Menurutnya, kesalahan terjadi dari si pemasang lampu kabut tersebut. Sebab, biasanya terdapat tulisan pada salah satu kabel orisinal Toyota yang menunjukkan larangan untuk mengganti bohlam melebihi kapasitas kabel tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


amp.kompas.com

Exit mobile version