Viral Logo Hari Jadi Bone Dituding Jiplak HUT Gowa, Kadisbud: Hanya Kebetulan

2 bulan lalu 44

Bone - Logo peringatan hari jadi Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) ke-692 tahun viral di media sosial, karena dinilai memplagiat logo hari jadi Kabupaten Gowa ke-699.

"Hasil konfirmasi kami dengan pemenang sayembara logo dan tema hari jadi Bone (HJB) ke 692 tahun 2022, logo HJB 692 adalah asli dan bukan plagiat. Kalau ada kemiripan dengan logo Kabupaten Gowa itu secara kebetulan," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Andi Ansar Amal, Senin (28/2/2022).

Pemenang sayembara logo HJB ke 692, Bruce Lee Yusuf saat dikonfirmasi detiksulsel menuturkan, terkait tudingan plagiat, desain angka etnik pada logo HJB sudah dibuatnya sudah beberapa tahun lalu. Menurutnya, bila ada kemiripan itu bisa saja namun bukan berarti plagiat. Apalagi filosofi atau makna berbeda, logo juga tidak terdaftar sebagai hak cipta.

"Kebetulan saja mirip di angka 69, dan angka memang pasti ada kecenderungan mirip. Kalau desain logo yang bukan untuk angka tahunan pasti kita buat seunik mungkin. Contohnya logo visit atau logo yang mau dipakai dalam waktu lama," ujarnya.

Dia menuturkan desain logonya ada filosofinya. Untuk bentuk lipatan dan gulungan angka 692 representasi tangan bergandengan 'Siatting Limang' yang melambangkan semangat persatuan dan kerja sama di tengah wabah Covid-19. Ulir dari Songkok To Bone bermakna mempererat tali persaudaraan dan semangat gotong royong warga Bone.

"Tulisan Bone diambil dari penggalan-penggalan aksara lontara yang melambangkan bahwa salah satu peradaban yang di akui dunia adalah memiliki aksara sendiri," bebernya.

Tudingan plagiat dilontarkan Arby Pratama Putra Rosmin, pemilik akun @arbyppr. Menurutnya angka 69-nya pada desain logo HJB diduga memang hasil jiplak logo hari jadi Gowa. Logonya hanya dimiringkan sedikit karena menurutnya tidak ada sekali bedanya dari segi bentuk.

Simak Video "MV NMIXX Dituduh Jiplak Konsep ATEEZ"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)

Lanjut Baca