Viral Pengunjung di Lego-lego CPI Makassar Dipalak Jukir Liar

2 bulan lalu 36

Makassar - Kembali viral video di media sosial, aksi juru parkir (jukir) liar yang meresahkan pengunjung kawasan Lego-lego di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka memasang tarif Rp 5.000 per motor.

"Sudah ada papan bicara parkir gratis sebenarnya terpasang. Tetapi anehnya masih saja ada oknum yang lakukan itu (parkir liar). Terima kasih masukannya untuk kami koordinasikan dengan Satpol PP," ungkap Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Aruddini saat dikonfirmasi detiksulsel, Senin (28/2/2022).

Aruddini menuturkan pihaknya sebenarnya hanya berperan mengatur jalur lalu lintas. Selain itu, kawasan Lego-lego sudah dibuatkan sebenarnya rekayasanya. Pihaknya juga sudah membuat nota pertimbangan ke gubernur untuk penanganan kawasan dengan pola organisasi perangkat daerah (OPD) terpadu.

"Pengelolaan kawasan Lego-lego memang banyak dinas terkait di dalamnya. Ada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) selaku pengelola aset. Dinas PUTR untuk infrastruktur jalan. Dishub untuk pengadaan rambu lalu lintas, Satpol PP untuk posko kendali terpadu. Perseroda untuk IT dan kawasan bisnis kulinernya karena mengelola tenant-tenant di sana," tukasnya.

Kepala Satpol PP Sulsel, Mujiono yang dikonfirmasi detiksulsel belum memberikan tanggapan.

Sementara itu, Kepala BKAD Sulsel, Muhammad Rasyid yang dikonfirmasi detiksulsel menegaskan bahwa kawasan Lego-lego bebas parkir. "Tidak ada pembayaran parkir. Maaf nanti kami kordinasikan dengan pihak keamanan terkait jukir liar ini," jelasnya.

Dalam video yang viral tersebut terdengar suara seorang perempuan berdebat dengan dua jukir liar yang tiba-tiba muncul. Perempuan tersebut protes dengan aksi jukir tersebut yang meminta tarif Rp 5.000 per motor.

Simak Video "Parkir Liar, Belasan Kendaraan di Bandung Terjaring Operasi Cabut Pentil"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)

Lanjut Baca