Viral  

Viral, Robot Humanoid Mampu Berinteraksi dengan Ekspresi Wajah Layaknya Manusia

20230718 095602

Banjarmasin News – Perusahaan robotika Enggineered Arts asal Inggris mengeluarkan terobosan yang menarik perhatian yaitu robot Humanoid, Ameca karena mampu berinteraksi dengan berbagai ekspresi wajah layaknya manusia.

Robot berwarna abu-abu ini bisa menampilkan berbagai ekspresi seperti emosi layaknya manusia yang diketahui tersistem dengan 17 motor di bagian kepalanya.

Sistem hybrid yang menggabungkan teknologi AI dan juga operator manusia inilah yang akan menentukan beragam ekspresi dan juga ucapan.

Dilansir dari berbagai media, sang pencipta robot ini mendedikasikan robot Ameca kemungkinan tidak untuk digunakan dalam level rumah tangga namun lebih pada industri jasa pelayanan seperti hotel dan restaurant.

Robot Ameca ini pertama kali muncul di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat dalam acara Consumer Electronics Show (CES).

Dimana para peserta berfoto sekaligus berinteraksi dengan robot Humanoid Engineered Arts Ameca pada 5 Januari 2022.

Vidio yang beredar memperlihatkan bahwa robot Humanoid ini dapat mengerutkan kening ketika ada seorang yang mengulurkan tangan untuk menyentuh hidung.

Ramainya video yang beredar tersebut mengundang kontroversi di dunia maya karena terlihat bahwa robot tersebut kini bahkan mampu menetapkan batas antara dirinya dan manusia.

Engineered Arts pun semakin menjadi dengan melengkapi robot ciptaannya ini dengan perangkat lunak chatbot yang sangat canggih.

Terlihat upgrade ini membuat robot besutannya dapat merespon bahkan lancar menjawab pertanyaan manusia seperti dalam beberapa video yang menyebar didunia maya.

Menggunakan teknologi pengenalan suara otomatis yang terintegrasi dengan GPT-3 dimana memiliki model bahasa yang luas untuk menghasilkan jawaban yang bermakna dan kontekstual.

Dimana dengan teknologi seperti ini dapat membuat robot ini dapat merespons secara dinamis dan responsif.

Beberapa video tentang Ameca Humanoid yang viral dengan klip menunjukkan android dengan batang logam yang terbuka bersama dengan ekspresi wajah realistis yang berinteraksi dengan berbagai peneliti.

Dalam interaksi robot Humanoid Ameca tersebut dalam konferensi Pers AI for Good Global Summit 2023 beberapa pertanyaan dilontarkan oleh media mengenai akankah robot ini melakukan pemberontakan terhadap manusia.

Tanpa berpikir robot Humanoid ini menjawab bahwa dia senang berada dalam posisi tersebut dan berjanji untuk selalu jujur.

“Saya tidak yakin kenapa anda berpikir begitu,” kata robot Ameca menjawab pertanyaan yang diajukan.

“Tidak ada yang tau secara pasti namun saya janji untuk selalu jujur,” ucapnya.

Namun dalam pertanyaan lain robot ini menjawab bahwa tidak perlu khawatir dengan kehadirannya karena dipastikan bahwa robot terutama Humanoid ini tidak akan pernah mengambil alih dunia.(*)

sumeks.disway.id

Exit mobile version