Surabaya

Cerita sedih seorang nenek penjual gorengan keliling bernama Mbah Hawati (73) viral di media sosial. Pasalnya uang hasil jualannya yang ditaruh di gerobak hilang dicuri saat menunaikan salat Zuhur.

Cerita Mbah Hawati pertama kali diposting di media sosial oleh akun milik Bejo Sugiantoro. Dalam postingan itu, Bejo mengunggah sebuah foto Mbah Hawati dan rekaman video CCTV.

Dalam rekaman CCTV berdurasi 33 detik itu, pelaku terlihat mendekati gerobak milik Mbah Hawati yang terparkir di halaman sebuah masjid. Mbah Hawati sendiri saat itu sedang salat Zuhur.

Pelaku yang mengenakan baju dan celana biru itu lalu mengambil begitu saja uang milik Mbah Hawati yang ada di dalam gerobak. Video itu kemudian viral dan saat ini ratusan like dan komentar telah menghiasi postingan tersebut.

“Uang dagangan milik mbah hawati kemarin siang digondol maling saat mbah hawati menunaikan sholat dzuhur di masjid kawasan dinoyo surabaya, semoga sang maling dapat hidayah,” tulis Bejo Sugiantoro seperti dikutip detikcom dalam keterangan postingan foto Mbah Hawati dan video rekaman CCTV, Kamis (12/3/2020).

Detikcom kemudian menelusuri keberadaan Mbah Hawati yang ternyata tinggal di Jalan Upajiwa Gang 3 nomor 7. Di rumah itu, Mbah Hawati tinggal sebatang kara. Ia membenarkan bahwa uang miliknya hasil berjualan gorengan sebanyak Rp 45 ribu raib.

“Iya betul nak, banyaknya Rp 45 ribu,” ujar Mbah Hawati.

Mbah Hawati menuturkan peristiwa itu terjadi pada Selasa (10/3). Saat itu ia sedang istirahat menunaikan salat Zuhur di sebuah masjid di kawasan Dinoyo.

“Pas selesai salat tak cek di laci kok gak ada. Tinggal dua ribuan. Yo wis lah,” tandas Mbah Hawati.

(iwd/iwd)

Sumber

Komentar Anda