Warga Minta Aktivitas Brondolan Dibebaskan, PT KJW Persilakan Daftar ke Perusahaan

4 bulan lalu 32

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Salah satu dari lima poin tuntutan warga Kintap yang berdemo di kantor PT Kintap Jaya Wattindo (KJW), Senin (24/1/2021), yakni meminta dibebaskannya aktivitas brondolan.

Sekadar diketahui selama ini sejumlah warga dari beberapa desa di Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), membrondol atau memungut rontokan buah kelapa sawit di kebun sawit KJW di Desa Kintap.

Sejak beberapa bulan lalu warga mengatakan tidak bisa lagi membrondol karena pihak perusahaan besar swasta nasional itu melarang. Bahkan warga menyebut pelarangan itu disertai intimidasi yang dilakukan oknum brimob yang ngepam di kantor KJW.

Terkait keinginan warga agar aktivitas brondolan dibebaskan, Manager Kebun Kintap PT KJW Armand ketika dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id melalui telepon menuturkan persoalan tersebut sebenarnya telah dibahas di kantor Camat Kintap pekan lalu yang dihadiri muspika dan perwakilan warga serta Kades Kintap.

Baca juga: BREAKING NEWS - Sejumlah Warga Kintap Tala Ngeluruk ke Kebun Sawit Milik PT KJW, Suarakan ini

Baca juga: BREAKING NEWS - Sejumlah Warga Kintap Tala Ngeluruk ke Kebun Sawit Milik PT KJW, Suarakan ini

"Pada pertemuan kemarin itu sebenanrya sudah ada solusinya yakni warga yang ingin membrondol kami silakan mendaftar dulu kepada kami dan diketahui pemerintahan desa," jelas Armand.

Mekanismenya, papar Armand, warga mendaftat disertai kelengkapan berkas yang dipersyaratkan perusahaan.

Selanjutnya, jika menenuhi syarat maka akan menjadi karyawan sehingga kemudian diperkenankan membrondol.

Lanjut Baca