Sore Ini Gerhana Matahari, Simak Jam Berlangsungnya

Banjarmasin News – Hari ini, Selasa 25 Oktober, akan terjadi gerhana matahari sebagian yang akan dapat dilihat di sejumlah negara dunia saat bulan melintas di antara Bumi dan Matahari.

Gerhana matahari yang terjadi kali ini bukanlah gerhana penuh atau total melainkan hanya sekitar seperempat wajah matahari saja yang akan tertutup bayangan bulan.

Beberapa lokasi bisa melihat gerhana secara langsung. Namun bagi wilayah yang tidak dapat melihat gerhana secara langsung, Anda bisa menontonnya secara online. Untuk daerah di Indonesia Fenomena gerhana ketiga di tahun 2022 ini tidak bisa diamati. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Peneliti Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang.

“Gerhana ini tidak dapat disaksikan di Indonesia karena wilayah ini tidak dilalui bayangan penumbra bulan,” papar Andi dilansir dariKompas.com, Senin (24/10/2022).

Gerhana matahari parsialhanya akan terlihat di seluruh Inggris dan di bagian lain Eropa, serta di beberapa bagian Afrika dan Asia, demikian dikutip Digital Trends, Senin (24/10/2022).

Selain itu, gerhana matahari juga akan lewat di Mesir, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Rusia bagian barat.

Adapun puncak gerhana matahari sebagian, akan berlangsung besok, 25 Oktober 2022 pukul 11.00.11 UT atau 18.00.11 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *