Tugu Kampung Ketupat Sungai Baru Roboh Diterpa Angin Kencang

Banjarmasin News – Hujan deras dan angin kencang merobohkan Tugu Kampung Ketupat yang terletak dikawasan Sungai Baru, Kamis, 17 November 2022 sore.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 Wita. Untungnya tidak ada korban jiwa.

Proyek yang dimulai pada 1 Agustus 2022 dengan target rampung pada akhir tahun 2022 dengan dana yang dianggarkan sekitar 6 miliar tersebut tak sanggup menahan kerasnya terpaan angin.

Bangunan tersebut digadang-gadang akan menjadi ikon untuk Kampung Ketupat dengan tiang rangka besi dan bambu sebagai unsur utama untuk bentuk ketupatnya

Berdasarkan informasi dari salah seorang saksi mata yang tidak ingin disebutkan namanya ini, mengaku bahwa ia yang pada saat itu berada di sekitar kawasan taman Ketupat tersebutkaget ketika mendengar ada suara dentuman yang sangat keras.

“Saat itu berteduh, pas ada badai hujan dan angin deras tadi, tiba-tiba ada suara sangat keras,” katanya.

“Saat dilihat ternyata bangunan ketupat itu roboh,” sambungnya.

Menurutnya biasanya pada sekitar pukul 18.30 Wita itu kawasan siring itu ramai warga yang bersantai.

“Untung saja tadi pas hujan jadi sepi di siring itu, biasanya banyak orang,” terangnya.

Ia menduga robohnya tugu ikon Ketupat tersebut karena hanya berstruktur baja ringan dan panel bambu itu tidak mampu menahan beban, apalagi usai diterjang angin kencang.

“Terlihat struktur baja ringan tidak kuat menahan beban, makanya banyak yang patah,” ucapnya.

Proyek penataan kawasan Kampung Ketupat Sungai Baru menjadi kawasan wisata mandiri (KWM) tersebut, Pemerintah Kot Banjarmasin bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu PT Juru Supervisi Indonesia (Juri.id) Yogyakarta dengan menelan biaya Rp 6 miliar.

Hingga saat ini belum ada penjelasan dari Pemerintah Kota Banjarmasin mengenai robohnya Tugu Ketupat yang masih dalam proses pembangunan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *