Tips Memilih Smartphone Untuk Fotografi, Pixels Besar Atau Sensor Fisik

20230705 040056

Banjarmasin News – Saat ini smartphone tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi saja, akan tetap tak dapat dipungkiri ponsel pintar ini sekarang menjadi salah satu pilihan para pencinta foto untuk bisa mengabadikan momen baik untuk koleksi pribadi maupun untuk berbagi di media sosial.

Karena iti kamera menjadi aspek utama yang masih dilihat konsumen saat membeli handphone.

Saat ini inovasi kamera smartphone bergerak cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Ada dua fitur yang biasa ditawarkan ketika berbicara soal kualitas kamera HP yaitu sensor dan piksel.

Sensor bertugas untuk mengubah gambar yang ditangkap oleh lensa, di dalam sensor, terdapat prosesor yang akan mengubah tangkapan cahaya yang masuk menjadi warna. Hasil dari seluruh sel sensor kemudian disatukan dan membentuk kesatuan gambar yang utuh.

Sensor memiliki beragam ukuran dan tersusun atas berbagai sel yang merepresentasikan piksel. Ukuran sensor menentukan banyaknya tangkapan cahaya yang masuk. Untuk itu, dengan jumlah piksel yang sama, sensor berukuran lebih besar akan menghasilkan kualitas gambar lebih mumpuni.

Sementara pixels menentukan seberapa padat jumlah pada foto, maka akan membuat hasil yang bagus untuk sebuah gambar. Satu megapiksel setara dengan 1 juta piksel, yakni kotak-kotak kecil yang disusuh menjadi suatu gambar.

Keuntungan lain dari jumlah piksel yang banyak adalah kemampuan untuk menggabungkan beberapa piksel kecil menjadi 1 piksel besar atau istilahnya ‘pixel binning’.

Jika anda diharuskan memilih tentunya sensor fisik berukuran besar bisa menghasilkan data RAW gambar yang lebih apik dan mudah dimodifikasi dengan bantuan software lainnya tanpa khawatir kehilangan gambar yang bagus.

Kemampuanuntuk menghasilkan foto bokeh dari bukaan yang besar juga akan lebih baik tanpa harus beralih ke mode ‘Portrait’. Untuk performa low light, ukuran sensor yang lebih besar akan secara otomatis menangkap cahaya yang lebih banyak.

Namun, kualitas serupa juga bisa didapatkan dari megapiksel yang besar dengan berbagai pemrosesan yang didukung.

Sensor yang mumpuni ditambah dengan Megapiksel yang besar tentunya akan menghasilkan foto yang sempurna jika ditambah dengan kemampuan dalam menyesuaikan pilihan mode saat memotret.

 

Exit mobile version